Relawan Masjid Tanggap Bencana

Kastara.ID, Jakarta – Baznas Bazis DKI Jakarta siap melaksanakan program Relawan Masjid Tanggap Bencana tahap 3. Sebelumnya, mereka yang sudah mendaftar akan jalani pelatihan pada 19-20 Desember.

Kepala Baznas Bazis DKI Jakarta Luthfi Fathullah mengatakan, pelatihan relawan masjid ini bertujuan agar masyarakat lebih tanggap terhadap bencana yang bisa menimpa kapanpun.

“Kita kolaborasi dengan BPBD DKI agar warga lebih siaga dan tanggap saat terjadi bencana. Kita sediakan fasilitas transportasi, kaos selama pelatihan, penginapan, konsumsi, sertifikat hingga stater kit,” kata Luthfi saat dikonfirmasi (18/12).

Sementara dihubungi secara terpisah, Plt Kepala BPBD DKI Jakarta Sabdo Kurnianto mengatakan, pihaknya akan memberikan beberapa materi kepada peserta. Salah satunya teori api, pengenalan dan fungsi alat kebakaran, dasar manajemen kebencanaan, masjid command system first aid, hingga water rescue.

“Materi dasar ini kita berikan agar para relawan lebih tanggap dan siaga. Karena keberadaan masjid salah satu penolong kita saat terjadi bencana,” tandas Sabdo.

Mereka yang menjadi peserta adalah yang berdomisili di DKI Jakarta, usia antara 17-40 tahun, pengurus atau remaja masjid, sehat jasmani dan rohani, tidak merokok serta mendapatkan rekomendasi dari ketua DKM. (hop)