Kombes Pol Yusuf

Kastara.ID, Jakarta – Korps Lalu Lintas Polri bekerja sama dengan Perkumpulan Gerakan Kebangsaan (PGK) mengadakan kegiatan ‘Millenial Road Safety Festival’, di Bundaran HI, Jakarta Pusat, Ahad (20/1) pagi.

Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusuf mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk mendukung ketertiban lalu lintas dan keselamatan berkendara bagi kaum milineal. Rangkaian acara dari Millenial Road Safety Festival akan serentak diadakan pada 2 Februari mendatang. Sedangkan pada Ahad (20/1) ini, kegiatan baru soft launching saja.

“Hari ini merupakan kick off atau soft launching-nya. Kegiatan ini wujud kepedulian seluruh masyarakat tentang pentingnya keselamatan berlalu lintas,” ujar Kombes Pol Yusuf ketika ditemui di lokasi.

“Kegiatan Millenial Road Safety Festival ini adalah suatu bentuk kegiatan yang sifatnya adalah mengajak para milenial untuk mengutamakan keselamatan lalu lintas dan tertib lalu lintas,” imbuh Kombes Pol Yusuf.

Alasan diadakannya Millenial Road Safety Festival dikarenakan semakin meningkatnya angka kecelakaan yang terjadi di Indonesia dari tahun 2017 hingga 2018. Tercatat 55,5 persen korban kecelakaan ini ialah kaum muda usia produktif, dan 28,12 persen di antaranya merupakan pelajar dan mahasiswa.

“Sehingga sasaran kita kaum millenial. Kegiatan-kegiatan ini tujuannya mengajak mereka supaya mereka jangan menjadi korban kecelakaan lalu lintas,” jelas Kombes Pol Yusuf.

Kombes Pol Yusuf menambahkan, rangkaian acara ini pun beragam. Ada pula sejumlah lomba-lomba menarik, seperti lomba mural, lomba road safety creative design, lomba fotografi keselamatan berlalu lintas, road safety video challenge, dan lain sebagainya.

Soft launching kegiatan ini juga dihadiri oleh sejumlah artis dan tokoh. Di antaranya, Boy William dan Hesti Purwadinata sebagai pembaca acara, lalu ada Fajar ‘Alexa’, Rifat Sungkar, dan juga RAN. Menurut Yusuf, artis-artis ini dihadirkan guna menarik perhatian dari kaum millenial agar dapat tertib berlalu lintas.

“Sehingga dengan itu mereka akan tergugah dengan kita mengadakan tokoh-tokoh idola mereka. Tokoh tokoh idola mereka yang akan bawakan ini, sehingga kalau tokohnya mengajak diharapkan mereka juga ikut,” pungkas Kombes Pol Yusuf. (hop)