DPR RI

Kastara.ID, Jakarta – Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto menghadiri rapat dengar pendapat (RDP) dengan Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) untuk membahas persoalan di Natuna. Rapat tersebut dipimpin Wakil Ketua Komisi 1 Utut Adianto dan berlangsung tertutup.

Selain itu, Prabowo menjelaskan bahwa rapat terbatas ini akan membahas banyak hal. “Materinya tentang, saya kira banyak, beberapa masalah,” kata Prabowo di Gedung DPR RI, Jakarta Pusat, Senin (20/1).

Selain Prabowo, rapat ini diikuti juga Wakil Menteri Pertahanan Sakti Wahyu Trenggono, Sekretaris Jenderal Kemhan Laksdya TNI Agus Setiadji, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, dan Wakil Menteri Luar Negeri Mahendra Siregar.

Termasuk juga KSAD Jendral TNI Andika Prakasa, KSAL Laksamana TNI Siwi Sukma Aji, KSAU Marsekal TNI Yuyu Sutisna, Panglima Kogabwilhan Laksdya Yudo Margono, Deputi Opslat Bakamla Laksda T.S.N.B Hutabarat, Sestama Bakamal S Irawan, dan Dirjen Hukum dan Perjalanan Internasional Iur Damos Dumoli Agusman.

Diketahui, persoalan teritorial dan zona ekonomi eksklusif Indonesia di kawasan Natuna Utara menjadi mencuat kembali pada awal tahun ini. Persoalannya adalah kemunculan kapal-kapal nelayan China yang dikawal kapal coast guard ke wilayah di mana RI memiliki hak berdaulat di sana. (ant)