Sukhoi SU-35

Kastara.ID, Jakarta – Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto dan Menko Polhukam Mahfud MD melaksanakan Rapat Koordinasi Khusus (Rakorsus) untuk membahas perkembangan pengadaan alat utama sistem persenjataan (Alutsista) TNI tahun 2020-2024, termasuk soal rencana pengadaan Jet Tempur Sukhoi SU-35.

Rapat tersebut turut dihadiri Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Andika Perkasa, Kepala Staf TNI Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Yuyu Sutisna, serta Wakil Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Wakasal) Laksamana Madya TNI Mintoro Yulianto juga hadir di kantor Mahfud ini.

Prabowo bergegas memasuki mobil untuk kembali ke kantornya. Dia pun hanya melambaikan tangan seraya menutup kaca mobil.

Sementara Kasad menyerahkan penjelasan soal hasil rapat kepada Mahfud selaku tuan rumah. “Langsung ke pak Menko ya,” ujar Andika Perkasa di Kantor Kemenkopolhukam, Jakarta, Kamis (20/2).

Kontrak pengadaan pesawat tempur generasi ke 4 buatan Rusia ini disebut telah dilakukan oleh pihak Kemenhan dan Rusia. Prabowo juga telah menyambangi Rusia beberapa waktu lalu untuk membahas rencana pembelian Sukhoi SU-35.

Rusia sendiri sempat mengatakan masalah finansial menjadi salah satu hal teknis yang menghambat proses pembelian 11 Sukhoi Su-35 oleh Indonesia.

Meski begitu, kontrak pembelian pesawat militer Sukhoi SU-35 senilai Rp 16,75 triliun itu akan tetap berlanjut. (ant)