World Oral Health Day

Kastara.ID, Depok – Kick off World Oral Health Day (WOHD) 2019 yang dilaksanakan di SDN Cimpaeun 2, Kecamatan Tapos, resmi dibuka Wali Kota Depok Mohammad Idris, Rabu (20/3) pagi.

Tampak hadir Ketua Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Cabang Kota Depok, Ketua Pelaksana WOHD 2019, Dokter Gigi anggota PDGI Cabang Kota Depok, Kepala SDN Cimpaeun 2, Kepala UPTD Puskesmas Kecamatan Tapos, Ketua K3S Kecamatan Tapos, Ketua PGRI Kecamatan Tapos, Camat Tapos, serta perwakilan Dinas Pendidikan dan Dinas Kesehatan.

Wali Kota Depok Mohammad Idris mengapresiasi terselenggaranya WOHD 2019 yang digagas PDGI Kota Depok. Hal ini juga sebagai bentuk nyata kontribusi PDGI dalam meningkatkan derajat kesehatan gigi masyarakat sekaligus mendukung Kota Depok unggul di bidang kesehatan.

“Melalui acara ini, kita dapat mengedukasi dan mengingatkan masyarakat bahwa menjaga kesehatan gigi dan mulut yang merupakan bagian penting menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan,” ujar Idris.

Dalam kesempatran tersebut, Wali Kota Depok menyematkan pin WOHD 2019 dan menyerahkan pasta dan sikat gigi kepada dua perwakilan siswa SDN Cimpaeun 2.

WOHD atau Hari Kesehatan Gigi dan Mulut Sedunia diperingati tanggal 20 Maret setiap tahunnya. WOHD ini dijadikan sebagai kegiatan rutin tahunan di berbagai negara dengan tujuan mengingatkan kembali, khususnya kepada masyarakat awam, mengenai pentingnya kesehatan gigi dan mulut, melalui program edukasi dan simulasi.

Ketua PDGI Cabang Kota Depok Setiawan Witjaksana mengatakan, dari 230 cabang PDGI se-Indonesia, hanya 50 cabang yang berkesempatan melaksanakan kick off WOHD 2019.

“PDGI Cabang Kota Depok adalah salah satunya. Tahun ini terselenggara di SDN Cimpaeun 2, Kecamatan Tapos, setelah tahun sebelumnya kami melaksanakan di beberapa kecamatan yaitu Cilodong, Sukmajaya, Cimanggis, Pancoran Mas, dan Limo,” ucap Setiawan.

Kegiatan kali ini melibatkan 53 orang Dokter Gigi, 22 orang Guru, 32 orang tua siswa, dan 528 siswa SDN Cimpaeun 2. (*)