UPH

Kastara.ID, Jakarta – Desain Komunikasi Visual (DKV) adalah jurusan ilmu desain yang mempelajari konsep komunikasi dan ekspresi kreatif dengan menggunakan elemen visual untuk menyampaikan pesan tertentu. Pesan merupakan unsur yang sangat penting dalam desain. Oleh karena itu, mahasiswa dan lulusan jurusan ini diharapkan untuk dapat menyampaikan pesan secara menarik, informatif, dan komunikatif melalui desain-desain yang dibuat.

Jurusan desain komunikasi visual terbuka untuk lulusan IPS maupun IPA, namun tentunya kamu perlu memiliki beberapa basic skills sebagai mahasiswa jurusan DKV. Pertama-tama, kamu harus bisa menggambar karena pembelajaran di jurusan ini pasti akan banyak menggambar desain. Selanjutnya, kamu akan belajar bagaimana  berkomunikasi melalui desain sehingga desain tersebut mampu menyampaikan pesan tertentu. Aspek estetika atau keindahan juga akan kamu pelajari.

Jika tertarik dengan jurusan Desain Komunikasi Visual, Universitas Pelita Harapan (UPH) menyediakan program studi DKV yang patut dipertimbangkan.

Di bawah naungan Fakultas Desain, Desain Komunikasi Visual UPH membekali mahasiswa dengan pemahaman bahasa visual sebagai sarana komunikasi dan solusi terhadap permasalahan desain. Dengan mempelajari teori desain dan komunikasi visual, keahlian menggambar, dan sejarah seni rupa, mahasiswa DKV UPH akan mendapatkan pendidikan terpadu yang menyentuh berbagai aspek, mulai dari seni rupa, desain, ilmu sosial, teknologi, etika, hingga budaya. DKV UPH juga menyediakan empat bidang peminatan yang relevan dengan kebutuhan industri, yaitu: Desain Grafis, Desain Animasi, Sinematografi, dan Ilustrasi.

Setiap mahasiswa DKV UPH diberikan kesempatan untuk mengembangkan diri lewat acara-acara yang diadakan. Berbagai kegiatan pameran karya mahasiswa DKV UPH juga diselenggarakan untuk saling menginspirasi. Ada beberapa contoh kegiatan yang diadakan oleh jurusan DKV UPH, di antaranya UPH Film Festival, Konferensi Mahasiswa DKV, International Moving Image Cultures Conference, Pameran Tugas Akhir Mahasiswa, Pameran Fotografi, Ekskursi Seni & Desain, International Study Tour, dan Intdustry Expert Talk & Workshop.

Sekitar 95% Alumni Desain Komunikasi Visual UPH mulai bekerja di industri kreatif kurang dari sebulan sesudah lulus. Bahkan banyak di antara mereka yang sudah memulai karier lebih awal melalui program magang. Hal ini dikarenakan tingginya permintaan untuk lulusan DKV UPH (high demand) di dalam industri kreatif Indonesia. Selain itu, UPH juga memiliki kemitraan dengan berbagai perusahaan dari berbagai industri di Indonesia untuk menyalurkan lulusan mereka.

“Selama berkuliah, para mahasiswa kami dibekali dengan pengalaman akademis, keterampilan praktis, dan kompetensi yang kelak akan menjadi modal mereka untuk berdampak positif bagi masyarakat. Melalui kurikulum berstandar internasional dan diajar oleh tenaga pendidik yang kompeten, kami mempersiapkan para mahasiswa untuk menjadi entrepreneur dan desainer yang mampu memecahkan berbagai permasalahan melalui karya dan desain yang dihasilkan,” jelas Dr. Lala Palupi Santyaputri, S.Sn., M.Si. yang juga Ketua Program Studi DKV.

UPH menyediakan berbagai fasilitas canggih yang dapat digunakan oleh mahasiswa untuk membantu proses pembuatan karya seni mereka secara maksimal, di antaranya Studio Komputer Grafis, Studio Fotografi, Video Editing Studio, Studio Ilustrasi, Mini Theater, Studio Produksi Video, dan Laboratorium Cetak.

DKV UPH telah menjalin beberapa kerja sama dengan perusahaan-perusahaan nasional dan internasional yang ternama seperti Fuji Film, iBox, dan Gambaran Brand; organisasi publik global seperti Vital Strategies, organisasi kesehatan masyarakat global; serta asosiasi desainer di Indonesia seperti Asosiasi Program Studi Desain Komunikasi Visual (ASPRODI DKV) dan Asosiasi Industri Animasi Indonesia (AINAKI). Kemitraan ini membuka peluang yang besar bagi mahasiswa DKV UPH untuk terjun ke dunia kerja, menampilkan karya mereka secara nasional dan internasional, mengembangkan kemampuan mereka secara langsung di lapangan kerja, serta memperluas jaringan dengan para desainer lainnya.

Pada tahun pertama mereka, mahasiswa jurusan DKV diperkenalkan dengan mata pelajaran inti yang beragam yang membangun keterampilan dasar mereka dan juga mendorong untuk mengeksplorasi minat mereka. Pada tahun kedua dan ketiga, mahasiswa akan mampu memahami desain secara keseluruhan sekaligus fokus pada salah satu peminatan yang ditawarkan. Beberapa hal yang akan dipelajari di DKV, di antaranya Kebudayaan Indonesia sebagai implementasi dari struktur nilai yang membentuknya. Juga eni dan teknik pemilihan dan penataan huruf serta penataan pembagian desain pada ruang. Termasuk soal kemampuan menginterpretasikan lingkungan sekitar menggunakan spektrum cahaya. Serta bentuk seni menggunakan gambar yang ditempatkan dalam urutan khusus untuk keperluan grafis atau menyampaikan informasi.

Tak ketinggalan ilustrasi gerak atau rotasi, dipadukan dengan audio untuk digunakan dalam proyek multimedia dan juga fotografi artistik.

Seperti yang telah dibahas di atas, lulusan Desain Komunikasi Visual UPH memiliki permintaan yang tinggi dari perusahaan-perusahaan dari berbagai industri. Beberapa karier yang dapat dipilih sebagai lulusan UPH, di antaranya Perancang Grafis, Direktur Seni, Pembuat Animasi, Pembuat game, Pembuat model 3D, Concept Artist, Sinematografer, Fotografer, Seniman Visual, dan Ilustrator.

Lulusan jurusan DKV UPH yang masuk ke industri seni dapat menjadi seorang seniman dan yang sukses, berprestasi, memberikan makna dan pesan dari setiap desain yang dibuat. Beberapa alumni DKV UPH antara lain Nathania Tifara, co-founder dari “Guru Bumi”; Evan Wijaya, desainer grafis di Thinking Room; Christian Kustedi, CEO dan co-founder Dusdusan.com; Giovanni Junius Rustanto, yang sekarang menjadi pembuat film; Andi Martin Suryana, CEO dari Kratoon Channel; dan Joshua Sudihman, founder of Kanekin Creative, perusahaan produksi media.

UPH berkomitmen untuk menghasilkan lulusan Jurusan DKV yang kompeten, unggul, dan mampu berkontribusi secara nyata di lingkungan pendidikan dan pelayanan kepada masyarakat. Bersama UPH, mahasiswa dipersiapkan untuk menjadi “The Next Great Achiever”.

Untuk bergabung dengan Prodi Desain Komunikasi Visual UPH, ada banyak potongan harga yang tersedia khusus untuk pendaftaran kuliah juga yang bisa kamu manfaatkan. Untuk informasi, bisa menghubungi Student Consultant di nomor 0811-1709-901 atau situs UPH. (mar)