Kastara.ID, Jakarta – Heboh! Itulah kondisi persiapan para alumni beberapa hari terakhir jelang Reuni Akbar Lintas Angkatan SMP Negeri 49 Jakarta yang berlangsung di Gedung Smesco Jakarta, Sabtu (20/5).

Sementara Ketua MPR RI yang juga angkatan ’77 SMP Negeri 49 Jakarta Bambang Soesatyo bersama para alumni lainnya menggelar Reuni Akbar Lintas Angkatan SMP Negeri 49 Jakarta. Reuni yang mengangkat tema ‘Its Fourtyniners Day, Bangkit Bersama Membangun Bangsa’, diikuti ribuan alumni dari angkatan pertama tahun 1965 hingga angkatan 2022. Termasuk para guru dan mantan guru SMP Negeri 49 Jakarta.

Ketua MPR RI yang juga Alumni SMPN 49 Jakarta Tahun 1979 bersama Nila Juwita (Alumni SMPN 49 Tahun 81).
Ketua MPR RI yang juga Alumni SMPN 49 Jakarta Tahun 1979 bersama Nila Juwita (Alumni SMPN 49 Tahun 81). (Ist)

“Sebuah kebanggaan sekaligus kebahagiaan tersendiri bagi saya bisa bertemu dan berkumpul kembali dengan para guru, teman-teman, kakak kelas ataupun adik kelas. Melalui reuni ini kita bisa mengenang kembali berbagai kejadian di masa SMP. Sekaligus bertemu para guru, memohon doa restu serta kembali mengucapkan terima kasih, karena berbagai hal yang kita capai pada hari ini tidak lepas dari didikan para guru di masa lalu,” ujar Bamsoet di sela Reuni Akbar Lintas Angkatan SMP Negeri 49 Jakarta, di Gedung Smesco Jakarta, Sabtu (20/5).

Bamsoet menuturkan, telah banyak tokoh nasional yang merupakan alumni SMP Negeri 49 Jakarta. Semisal Kapolda Bali Irjen Pol Putu Jayan Danu Putra, Kapolda Jambi Irjen. Pol. Rusdi Hartono, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) periode 2021-2022 Ilham Saputra, Kapolda Kalimantan Selatan periode 2020-2022 Irjen Pol Rikwanto, penyanyi Widi Mulia (AB3), Penyanyi Uci Nurul (Elfa’s Singers), mantan Penasihat Kapolri Fahmi Alamsyah, dr. Farida Briani, Sp.B Onk (istri Fahri Hamzah), serta mantan Dirjen Administrasi Hukum Umum Kemenkumham Prof. Harkristuti Harkrisnowo.

“Melalui Reuni Akbar Lintas Angkatan SMP Negeri 49 Jakarta ini, mudah-mudahan saya dan para alumni lainnya bisa memperkuat jaringan alumni SMPN 49 Jakarta. Sehingga anak-anak ataupun adik-adik kita yang sedang menempuh pendidikan di SMPN 49 Jakarta bisa mengetahui bahwa selain memiliki guru di sekolah, mereka juga memiliki banyak kakak di luar sekolah yang bisa mendukung serta memberikan motivasi bagi mereka,” kata Bamsoet.

Bamsoet menambahkan, semangat kerja sama, kolaborasi, serta networking sangat penting dalam menghadapi era globalisasi. Karenanya, keberadaan alumni SMPN 49 Jakarta yang tersebar di berbagai bidang usaha dan pekerjaan, bisa dikembangkan menjadi kekuatan sosial dan kekuatan ekonomi.

“Mari kita bersama bergandengan tangan untuk dapat meningkatkan bakti kepada nusa dan bangsa. Khususnya, membantu pemerintah menyikapi berbagai dampak tekanan resesi ekonomi dan perubahan lanskap politik serta keamanan global terhadap Indonesia,” kata Bamsoet.

Sementara Nila Juwita dari alumni angkatan tahun 1981 menyebut acaranya sukses, karena semua angkstan bisa berinteraksi dengan baik.

Penampilan artis Krisdayanti di tengah Reuni Akbar Alumni SMP Negeri 49 Jakarta. (Ist)

“Ketua MPR yang juga alumni ’77 juga hadir memberikan sambutan dan memberikan kesempatan kepada semua angkatan untuk berfoto bersama. Tidak ada jarak antara kita semua,” jelas Nila yang jadi seksi sibuk untuk angkatannya.

Bahkan Nila menyebut artis Krisdayanti (KD) yang mengisi acara hiburan juga sangat bisa berinteraksi dengan keluarga besar Alumni SMPN 49 Jakarta. “Jadi acaranya sukses dan tidak membosankan, makanan berlimpah dan acara tidak banyak wasting time. Kereeenn…, dapet semua untuk kategori reoni akbar. SMP 49 hebat,” ungkapnya bangga.

Ketua Alumni SMP Negeri 49 Jakarta Tahun 1981, Sigit Purwanto. (Ist)

Sementara Ketua Alumni 4981, Sigit Purwanto, menilai gelaran reuni akbar pertama kalinya ini patut diacungi jempol. “Kita acungi jempol untuk seluruh panitia yang terlibat, juga guru-guru kami yang terbaik, serta seluruh alumni yang hadir, semuanya kompak,” pungkasnya. (dwi)