Haji

Kastara.ID, Tanjungpinang – Agar lebih sejuk, tenda di Arafah pada musim haji 1440H/2019M mendatang akan dilengkapi dengan AC ber-freon. Ini berbeda dengan tahun sebelumnya yang hanya mengandalkan mistfan dan AC water cooler.

Ini dikemukakan oleh Direktur Pelayanan Haji Luar Negeri Sri Ilham Lubis di hadapan peserta Sosialisasi Peningkatan Layanan Haji di Arab Saudi 1440H/2019M, di Tanjung Pinang.

“Tahun ini pemerintah bisa menyediakan pendingin AC yang menggunakan freon dan mudah-mudahan ini bisa terlaksana dengan baik,” ujar Sri Ilham (18/6).

Menurutnya, pihak Muasasah juga telah mengupayakan agar program ini bisa terlaksana dengan baik. Salah satu upayanya adalah menyediakan satu genset untuk masing-masing maktab.

“Kalau tahun lalu, setiap genset digunakan untuk dua maktab, maka tahun ini tiap maktab akan disediakan satu genset,” jelas Sri Ilham.

Kebijakan menyiapkan AC berfreon menurut Sri Ilham untuk mengantisipasi suhu udara di Arab Saudi pada musim haji 1440H/2019 mendatang diperkirakan berada pada kisaran 50 derajat celcius.

“Utamanya saat jemaah melaksanakan wukuf. Kalau tahun lalu, masih ada jemaah yang berusaha membuka sisi-sisi tenda karena udara yang panas. Mudah-mudahan tahun ini, dengan adanya AC berfreon, jemaah tidak perlu melakukan itu lagi,” harap Sri Ilham. (put)