Wawin Durian

Kastara.id, Jakarta –  Durian monthong sejatinya berasal dari Negeri Thailand. Artinya, durian bantal emas. Sesuai namanya, durian monthong memiliki daging tebal seperti bantal, dan memiliki warna kuning keemasan. Bijinya kecil dan rasanya lezat luar biasa. Jadi tak heran buah ini menjadi kegemaran para pencinta durian.

Tapi entah kenapa, durian monthong asal Palopo yang paling lezat. Dan memang bukan perkara mudah untuk mendapatkan durian varietas monthong Palopo yang sudah terkenal  kelezatan, harum, gurih, dan ketebalan dagingnya.

Kegemaran masyarakat pada durian monthong menjadi peluang bisnis yang ajeg untuk dimanfaatkan. Maka berdirilah Kedai Wawin Durian yang dirintis dua sahabat, Iwa Kusuma dan Erwin Hadi yang punya profesi yang berbeda. Hingga kini Iwa Kusumah masih tercatat dan bertugas sebagai reserse Resmob Polda Metro Jaya. Sedangkan Erwin Hadi lama berkiprah di jagad pertelevisian.

Kedai Wawin Durian menjaja dan menjual Durian Monthong Palopo dan Bali. Lokasinya di Jalan Soleh Iskandar No. 14 (putaran underpass Kedung Badak) Kota Madya Bogor (pusat), dengan cabang di Jalan Dr Semeru (tepat depan RS Marzuki Mahdi) Bogor, serta mobil Wawin Durian yang mangkal di depan Giant Yasmin.

Wawin Durian hanya menjual durian berkualitas wahid. Hanya menjual durian monthong dari Palopo dan Bali. Mutu, aroma, ketebalan daging, biji kecil, dan rasa manisnya membuat orang tergiur untuk menikmati durian monthong di Kedai Wawin Durian. “Kualitas durian sangat kami jaga. Saking tebalnya, durian monthong kami bisa dimakan oleh lima orang. Dan itu karena ketebalan dan kualitas dagingnya,” cetus Erwin Hadi yang pernah menyabet Anugerah Foto Adinegoro 1996.

Di lapak Wawin, durian monthong yang dijajakan berkualitas sempurna. Besar buahnya dengan aroma yang menggiurkan. Harganya sekitar Rp 100.000/kg. Satu butir durian monthong bisa mencapai 2-3 kg. Dalam seminggu setidaknya dilepas 1,2 ton durian dengan dua kali pengiriman langsung dari Sulawesi dan Bali.

“Ini yang penting. Untuk menjaga kualitas, semua durian kami dipaket dengan pesawat terbang. Tentu dengan kemasan dan boks yang higienis,” urai Erwin, orang pertama yang memanjat dan membersihkan Tugu Kujang Bogor pada tahun 1990 dan 1992.

Wawin Durian

Asiknya lagi, di Kedai Wawin Durian, pembeli mendapat garansi kualitas durian monthong yang dibeli. “Waktu durian dibelah di rumah ada yang busuk, kembalikan secepatnya. Kami akan mengganti dengan yang baru. Yang lebih bagus tentunya,” tandas Erwin yang pernah jadi Produser News TransTV.

Menurut Erwin, sistem garansi duren ini diberlakukan karena ia ingin usaha yang digelutinya berdasar atas azas kejujuran. Selain itu juga berkaca pada pengalaman masa lalu, ketika seringkali ia beli durian bagus saat bertransaksi, tapi busuk sampai di rumah.

“Kami ingin kastemer puas dan bahagia. Terpenuhi ekspektasi kenikmatannya pada durian monthong Palopo dan Bali yang kami jajakan,” jelas Erwin yang pernah mendaki Puncak Carstenz Pyramid, Gunung Ceremai, Gunung Selamet, Gunung Semeru, dan Gunung Rinjani.

Untuk membuktikannya, datangi dan nikmati kelezatan durian monthong asal Palopo di Wawin Durian. (hero)

Wawin Durian