Kastara.ID, Semarang – Atlet renang estafet putri menyumbang medali emas pada ajang ASEAN Schools Games (ASG) 2019, GOR Jatidiri, Semarang, Jawa Tengah (19/7). Mereka berjaya di air setelah mengalahkan pesaingnya, Thailand.
Dalam pertandingan 800 meter renang gaya bebas, Angel Gabriella Yus, Hanna Christina, Prada Hanan, dan Philomenia Balinda berhasil menyentuh garis finish lebih awal. Catatan waktu yang diraih yakni 8 menit 36,95 detik. Atas hasil ini, medali emas pun berhasil dikantongi.
Rival terdekat mereka, Kamonchanok, Paguypha Leelahanon, Jinjutha, dan Napatsawan berhasil meraih medali perak. Wakil Thailand itu mencatatkan waktu 8 menit 40,85 detik. Sedangkan di tempat ketiga diraih kontingen asal Malaysia. Medali perunggu diraih setelah mencatatkan waktu 8 menit 53,38 detik.
Usai pertandingan, Prada dkk sangat senang atas pencapaian ini. Renang estafet ini, menurutnya memiliki tantangan yaitu harus kompak. Sehingga, hasil terbaik bisa diraih.
“Senang tentunya, ada tantangan tersendiri ketika renang estafet ini. Kita berempat harus kompak dan fokus. Jika di antaranya tidak bagus maka mempengaruhi hasil. Maka itu kita harus kompak,” ujar Prada.
Sementara itu, medali juga berhasil disumbang perenang estafet putra Indonesia. Joe Aditya, Rasief Amila, Agus Nuarta, dan I Putu Wirawan berhasil mengantongi medali perak. Mereka finish di urutan kedua. Untuk medali emas diraih dari kontingen Malaysia. Sedangkan medali perunggu diraih kontingen Thailand. (lan)