MootoGP 2020(motogp.com)

Kastara.ID, Milan – Pembalap Spanyol Alex Rins akan membalap untuk Honda mulai tahun depan. Pembalap bernomor start #42 itu akan bergabung dengan tim satelit LCR Honda Castrol.

Ia menggantikan kekosongan yang ditinggalkan pembalap Spanyol lainnya, Alex Marquez.

LCR menjalankan dua pembalap dengan format berbeda, yakni LCR Honda Castrol dan LCR Honda Idemitsu.

Posisi LCR Honda Idemitsu yang saat ini diduduki oleh Takaaki Nakagami masih belum diputuskan, tim versi ini biasanya mengambil pembalap asal Jepang.

Rins sebenarnya ingin tetap bertahan di Suzuki Ecstar untuk dua musim lagi, sayangnya tim ini tiba-tiba memutuskan mundur dan semua pembalapnya kini sibuk mencari motor baru.

Kontrak balap antara Rins dan LCR berdurasi dua musim, yakni 2023 dan 2024.

“Saya sangat senang bisa bergabung dengan Tim LCR Honda. Mengubah tim dan motor adalah sebuah tantangan, tapi saya siap untuk memberikan 100% dan mempraktikkan semua yang telah saya pelajari selama bertahun-tahun di kelas MotoGP.

Kepercayaan Lucio dan Honda sangat penting bagi saya dalam memutuskan untuk mengambil tantangan ini dengan pabrik ini. Saya ingin berterima kasih kepada mereka atas kesempatan ini,” papar Rins dalam rilis resmi tim yang dikeluarkan oleh MotoGP.

Lucio Cecchinello yang menjabat Manajer tim LCR Honda menyambut hangat pembalap barunya itu.

“Saya senang mengumumkan bahwa Alex Rins akan menjadi pembalap LCR Honda CASTROL pada tahun 2023. Kami baru saja selesai menandatangani kontrak, ketiga pihak, jadi kami akhirnya dapat mengumumkannya. Rins adalah pembalap berpengalaman, pebalap cepat, dan finis podium.

Kekayaan pengalaman ini, ditambah dengan kemampuan Rins untuk memberikan saran yang tepat kepada teknisinya, seperti yang saya dengar, pasti akan membantu kami meningkatkan paket motor kami, yang bertujuan untuk memperebutkan lebih banyak podium,” jelas Cecchinello.

Sementara Alex Marquez sudah lebih dulu mengumumkan kepindahannya ke tim Satelit Gresini Racing untuk tahun depan. (tra)