Eyab

Kastara.ID, Jeddah – Pemerintah Arab Saudi mulai menerapkan inovasi baru dalam proses kepulangan jemaah haji ke negaranya masing-masing. Mereka menyebutnya Eyab (baca: Iyab). Berasal dari kata Iyaban yang berarti pulang. Melalui layanan ini, Saudi menjanjikan proses yang cepat, aman, dan nyaman bagi jemaah haji untuk kembali ke Tanah Air.

Indonesia berharap, tahun depan, layanan ini dapat dinikmati minimal oleh separuh jemaah haji Indonesia. “Eyab saat ini masih dalam tahap uji coba. Inovasi yang diberikan kepada tiga negara yakni Indonesia, Malaysia, dan India. Semoga tahun depan dapat dinikmati oleh minimal separuh jemaah Indonesia,” kata Nizar, di Jeddah, Senin (19/8).

Nizar yang ditemui saat memantau proses kepulangan jemaah kloter 4 Debarkasi Jakarta Bekasi (JKS 04) di Bandara King Abdul Aziz, Jeddah, menjelaskan layanan Eyab ini merupakan layanan jalur cepat untuk kepulangan jemaah haji. Laiknya fast track yang diterapkan pada keberangkatan, Eyab tidak memerlukan prosedur panjang keimigrasian untuk kepulangan jemaah haji.

Hingga Senin (19/8) atau tiga hari sejak fase kepulangan dimulai, terdapat tiga kloter jemaah haji Indonesia telah diterbangkan melalui jalur khusus Eyab. Ketiganya yakni Embarkasi Jakarta Bekasi JKS-4 dan JKS-11 serta Embarkasi Surabaya (SUB-4). “Saat ini, baru sekitar 16 kelompok terbang jemaah asal Indonesia yang dilayani Eyab,” ujarĀ  Nizar.

 

Fasilitas Eyab dinilai memberikan kenyamanan bagi jemaah haji. Kenyamanan sudah terasa sejak jemaah tiba di Bandara King Abdulaziz, Jeddah saat turun dari bus. Terdapat penyambutan luar biasa dari Muasassah dan Gaca.

Masa tunggu di bandara yang cukup lama, bisa diisi jemaah untuk beristirahat dilengkapi berbagai fasilitas. Mulai dari ruangan yang dilengkapi pendingin udara, hiburan hingga menikmati kuliner.

“Ini tentu patut kita syukuri bersama karena pelayanan ini istimewa yang diberikan pemerintah Arab Saudi kepada jemaah haji Indonesia,” tandasnya.

“Atas nama bangsa dan negara berterima kasih pada pemerintah Arab Saudi,” ungkap Nizar.

Seorang haji asal Depok Asep Galdiri mengaku senang dengan berbagai layanan yang diterima saat dari Tanah Suci.

“Fasilitas cukup luar biasa. Seluruhnya jemaah Insya Allah mabrur. Fasilitas seluruhnya tidak ada yang mengecewakan, puas untuk jemaah dan mudah mudahan tahun berikutnya seperti itu,” kata dia. (put)