GWM-Daimler

Kastara.ID, Jakarta – Pada 18 Agustus, GWM dan Daimler AG meneken kontrak akuisisi pabrik milik Daimler di Iracemapolis, Brazil. Acara penandatanganan kontrak ini turut disaksikan Rotating President, GWM, Meng Xiangjun, di Sao Paulo.

Menurut kontrak ini, kepemilikan lahan, gedung, alat-alat mesin, dan properti lainnya di pabrik tersebut, kecuali tenaga kerja, beralih ke tangan GWM. Akuisisi ini diperkirakan selesai pada akhir 2021. Setelah mengambil alih pabrik, GWM akan memperbarui fasilitas produksi, sistem pengendalian mutu, pelestarian alam, dan konsep manajemen informasi agar sesuai dengan standar manufaktur globalnya. Dengan demikian, pabrik ini menjadi basis produksi berteknologi cerdas yang memenuhi kebutuhan Brazil dan negara-negara lain di Amerika Selatan.

Di saat bersamaan, pabrik ini akan menciptakan hampir 2.000 lapangan pekerjaan, dan mengembangkan industri-industri pendukung di wilayah setempat. Pabrik ini juga akan terus bertransformasi dan memutakhirkan bauran industri lokal, serta memberikan kontribusi keuntungan dan pajak yang lebih besar bagi pemerintah Brazil.

Bahkan, Amerika Selatan telah menjadi salah satu pasar strategis GWM. Awalnya, GWM merambah Chile pada 2007, dan sukses mencapai kinerja yang luar biasa. Model PICKUP dan HAVAL SUV pertama sangat digemari pengguna lokal. Hal ini memperkuat tekad GWM untuk terus berekspansi di pasar Amerika Selatan. Brazil menjadi negara terdepan di antara negara-negara di Amerika Selatan, terutama dalam hal kekuatan ekonomi, luas area, dan populasi. Brazil juga tampil sebagai salah satu dari tujuh pasar otomotif terbesar di dunia. Tingkat konsumsi mobil di Brazil pun menyimpan potensi besar. Untuk itu, GWM telah menilai Brazil sebagai pasar strategis yang dapat memperkuat jangkauannya di Amerika Selatan.

GWM bertekad mempelajari selera konsumen lokal dan tren pasar otomotif. Dalam konteks ini, setelah mengakuisisi pabrik Daimler di Iracemapolis, GWM akan memanfaatkan keunggulan geografisnya guna menggerakkan perkembangan dan implementasi strategi di pasar Amerika Selatan. Dengan demikian, GWM akan menghadirkan mobilitas berteknologi cerdas, aman, dan premium bagi pengguna lokal.

Kini, penjualan GWM berhasil melonjak terlepas dari Covid-19, dan produk-produknya terus merambah berbagai pasar otomotif internasional. Sepanjang tujuh bulan pertama pada 2021, penjualan GWM di pasar internasional melesat 176,2% secara tahunan sehingga menambah optimismenya untuk globalisasi. Pabrik Iracemapolis, basis penting untuk menjangkau pasar Amerika Selatan, semakin membuktikan keahlian strategis GWM untuk bertahan di tengah masa-masa sulit. Ke depan, “tata letak global” GWM semakin menemukan bentuknya. Pabrik-pabrik GWM kini tersebar di Tiongkok, Rusia, Thailand, India, Brazil, dan pasar-pasar strategis lainnya guna mengonsolidasikan 500 jaringan penjualan di seluruh dunia. Jangkauan global ini kian memperkuat kiprah global GWM, dan berkontribusi terhadap pencapaian target ambisiusnya, yakni menjual empat juta mobil di seluruh dunia pada 2025, meningkatkan optimisme dan keunggulan GWM, serta “menguasai pasar Tiongkok dan merambah pasar dunia.” (sla)