Beranda Headline Berita Jokowi Diingatkan, Covid-19 Belum Berakhir di 2021

Jokowi Diingatkan, Covid-19 Belum Berakhir di 2021

Kastara.ID, Jakarta – Ahli Wabah UI Pandu Riono memprediksi penanganan coronavirus diseases 2019 (Covid-19) di Indonesia masih membutuhkan waktu panjang dan belum akan berakhir pada 2020 lantaran belum menunjukkan kurva melandai dan belum diketahui kapan akan berakhir.

“Saya perkirakan lima tahun pandemi juga belum selesai. Jangan berharap tahun ini selesai, jangan harap tahun depan selesai,” papar Pandu dalam webinar bertajuk ‘Menakar Perilaku Masyarakat dalam Beradaptasi dengan Pandemi Covid-19 (19/9).

Menurut Pandu, pemerintah seharusnya melakukan penanganan corona secara terstruktur seperti target testing hingga pelaksanaan isolasi.

Pandu tak ingin pemerintah memberikan penugasan kepada sejumlah pihak tanpa memperhatikan kemampuan yang dimiliki.

“Kita harus akui pelitanya kalau zaman Soeharto, pelitanya itu bagus, terstruktur, pelita tahun pertama, kedua, ketiga. Dalam pandemi juga kayak gitu, dalam bulan ini kita mau ngapain, bulan depan kita mau ngapain. Testing aja tidak terencana jadi tidak ada rencana sama sekali,” ucapnya.

“Jadi nunjuk-nunjuk aja ‘lo ngerjain ini naikkan testing ini’. Jadi enggak ada objektif yang kita mau pakai. Padahal objektivitas jelas kalau mau menangani pandemi begini, kalau mau menangani masalah kematian pada anak seperti ini, mengenai isolasi juga begini,” sambung dia.

Untuk itu, ia berharap Presiden Jokowi langsung turun tangan untuk memimpin penanganan pandemi corona. Dia berharap Jokowi bukan hanya sekadar memerintahkan bawahannya. (ant)

- Advertisement -

TERBARU

Bonus Demografi jadi Peluang Bangun Industri

Kastara.ID, Jakarta - Kementerian Perindustrian mengajak generasi muda tanah air untuk beperan aktif dalam membangun industri nasional yang berdaya saing global. Hal ini sebagai...