Pelantikan

Kastara.ID, Jakarta – Ketua MPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) menyatakan, ada 17 kepala negara dan utusan khusus dari para negara tetangga yang akan hadir dalam pelantikan Presiden-Wakil Presiden terpilih, Joko Widodo-Ma’ruf Amin.

Bamsoet menjelaskan, di antara tamu tersebut termasuk Sultan Bolkiah (Brunei Darussalam), Wakil Presiden China, Perdana Menteri Malaysia, Singapura, dan Australia.

Selain itu, akan hadir juga 168 Duta Besar negara-negara tetangga untuk Indonesia di pelantikan Jokowi-Ma’ruf.

Tak ketinggalan para tokoh nasional, seperti Presiden kelima Indonesia Megawati Soekarnoputri dan Presiden keenam Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno juga disebut akan menghadiri pelantikan presiden 2019.

Ketua MPR mengatakan, pelantikan presiden akan dipimpin oleh dirinya dan akan berjalan sekitar satu jam.

Sementara Sekretaris Jenderal MPR Ma’ruf Cahyono menyatakan, total tamu undangan yang akan menyaksikan pelantikan Jokowi-Ma’ruf mencapai kurang lebih 1.100 orang, sesuai dengan kapasitas maksimal tempat berlangsungnya acara pelantikan.

Jumlah tersebut termasuk MPR 711 orang, undangan tamu negara, dubes sekitar 100 orang lebih. Selanjutnya, undangan ketua lembaga, menteri, dan lainnya itu di 100 orang lebih, di atas balkon juga ada korps musik.

Jokowi-Ma’ruf akan dilantik menjadi Presiden dan Wakil Presiden Indonesia Terpilih periode 2019-2024 usai mengalahkan Prabowo-Sandi di Pemilihan Umum (Pemilu) 2019. (rya)