Cerah

Kastara.ID, Jakarta – Monumen Nasional (Monas) ditutup pada hari ini (20/10) berkenaan dengan acara pelantikan Joko Widodo-Ma’ruf Amin sebagai presiden-wakil presiden periode 2019-2024.

Penutupan dilakukan sejak pukul 00.00 WIB sampai dengan waktu yang tak ditentukan. Namun demikian, Monas akan kembali dibuka seperti biasanya pada Senin mendatang (21/10).

Penutupan tempat wisata Monas ini untuk mengantisiaspi gangguan keamanan di sekitar Istana Negara.

Kepala Seksi Ketertiban UPT Monas Yayang Kustiawan mengatakan bahwa pihaknya sudah berkoordinasi dengan pasukan pengamanan gabungan TNI-Polri sebelum memutuskan untuk menutup kawasan Monas.

Tak hanya faktor keamanan, menurut Yayang, Monas juga dijadikan tempat transit dan sterilisasi tamu yang akan datang ke Istana Negara sebagaimana biasa dilakukan saat hari raya Idul Fitri ketika presiden menggelar open house.

Adapun pelantikan Joko Widodo-Ma’ruf Amin akan dipimpin oleh Ketua MPR Bambang Soesatyo bertempat di Gedung DPR/MPR.

Ketua Panitia Pelaksana Andi Gani Nena Wea di Kantor Staf Presiden menerangkan, adanya pembatalan parade budaya dan arak-arakan karnaval. Meski demikian, menurut Andi penyelenggaraan di sejumlah daerah, seperti Yogyakarta; Surabaya, Jawa Timur; dan Kuningan, Jawa Barat tetap berjalan sesuai rencana. (rya)