Huawei

Kastara.ID, Jakarta – Di ajang Better World Summit (BWS) yang digelar Huawei lewat kerja sama dengan Informa Tech, Bob Cai, Chief Marketing Officer, Carrier Business Group, Huawei, menyampaikan paparan berjudul “Green ICT for Green Development”. “Sebagai vendor terkemuka di dunia yang menyediakan infrastruktur TIK dan perangkat canggih, Huawei mempraktikkan konsep pembangunan hijau dalam seluruh kegiatan operasional. Kami menilainya sebagai bagian dari tanggung jawab sosial Huawei. Di sisi lain, Huawei siap menjadi mitra terbaik bagi kalangan operator yang ingin mencapai netralitas karbon,” ujar Cai. “Lewat produk dan solusi inovatif, kami akan membantu kalangan operator memangkas emisi karbon dan menghasilkan jaringan telekomunikasi yang lebih hemat energi. Kami juga ingin bekerja sama dengan pihak operator dan memanfaatkan TIK yang membantu industri lain mengurangi emisi karbon dan mempercepat pencapaian netralitas karbon,” ungkapnya.

Pada Juni 2021, Huawei dan Informa Tech menggagas inisiatif Network Carbon Intensity (NCI). Melalui inisiatif ini, emisi karbon per bit data menjadi tolok ukur baru untuk jaringan yang ramah lingkungan. Huawei menekankan bahwa upaya manusia mewujudkan kehidupan yang lebih baik harus seimbang dengan kebutuhan penurunan emisi karbon. Untuk itu, Huawei dan Informa Tech menggagas inisiatif NCI demi mengelola dan mengukur rencana penurunan karbon secara lebih baik.

Di ajang BWS, Huawei mengedepankan pentingnya sarana bagi kolaborasi industri di bidang pembangunan hijau. Untuk konteks ini, BWS menjadi contoh yang baik. BWS secara rutin mempertemukan mitra-mitra industri dan kalangan operator. Pihak-pihak ini juga berbagi tentang teknologi inovatif dan praktik terbaru dalam penurunan emisi karbon, serta berkontribusi terhadap industri TIK yang lebih ramah lingkungan. Seperti yang disampaikan Cai di ajang MWC Barcelona 2022, Huawei akan terus menggelar forum tentang pembangunan hijau bersama mitra-mitranya demi membagikan praktik industri dan solusi terbaru. Forum ini terbuka bagi semua mitra industri dan operator.

“Kami optimis bahwa ajang BWS di Dubai menjadi langkah awal yang baik. Ke depan, kami akan terus bekerja sama dengan mitra-mitra industri dan kalangan operator demi mewujudkan pembangunan hijau di seluruh industri dengan memanfaatkan teknologi inovatif Huawei,” jelas Cai sambil menutup paparannya. “Ketika menentukan tema paviliun pameran kami di Dubai, ‘Lighting up the Future’, kami merasa yakin bahwa kita dapat menciptakan masa depan yang lebih ramah lingkungan secara kolektif.”

Para peserta lain yang berbicara di ajang ini termasuk Richard Mahony, Vice PresidentService Provider Markets, Informa Tech; Dr. Dena Assaf, UN Resident Coordinator, Uni Emirat Arab; Tommy Stadlen, Salah Satu Pendiri Giant Ventures; Dr. Ahmed Bin Ali, Corporate Communications SVP, Etisalat; Hervé Suquet, Group Energy SVP, Orange; Dirk Karl, Chief Procurement Officer, MTN; Tanveer Mohammad, SVPGlobal Operation, Telenor; dan Aaron Jiang, Vice President, Huawei Wireless Product Line. (nth)