Kastara.id, Makassar – Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dan Internet saat ini telah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari, dikarenakan kedua hal tersebut telah terinteragasi secara masif dalam struktur kehidupan yang dijalani dan tentunya banyak manfaat yang telah didapat dengan adanya TIK dan internet.

Kementerian  Komunikasi dan Informatika sebagai leading-sector pembangunan bidang kominfo yang mempunyai tugas untuk mengembangkan SDM di bidang Teknologi Informatika sejalan dengan kebijakan pembangunan nasional, yaitu perluasan penciptaan lapangan kerja serta peningkatan keterampilan tenaga kerja, sangat memperhatikan hal ini. “Terlebih perhatian untuk para penyandang disabilitas. Untuk itulah kegiatan Jambore TI ini diadakan,” ujar Plt Direktur Umum BP3TI Jamhuri saat pembukaan Jambore TI di Makassar, Minggu (20/11).

Tujuan kegiatan ini adalah menyiapkan Sumber Daya Manusia di bidang TIK untuk generasi muda penyandang disabilitas agar memiliki kemampuan dan kompetensi. Juga dapat dimanfaatkan dan membantu dalam meningkatkan keterampilan berbasis teknologi informasi.

Hal inipun sesuai dengan pasal 28 c ayat 1, negara telah menjamin setiap warga untuk berhak mengembangkan diri melalui pemenuhan kebutuhan dasarnya, berhak mendapatkan pendidikan dan memperoleh manfaat dari ilmu pengetahuan dan teknologi, seni budaya, demi meningkatkan kualitas hidupnya dan demi kesejahteraan umat manusia. (npm)