Kastara.id, Magelang – Mewakili Presiden RI Joko Widodo, hari Minggu (20/11) pagi Menpora Imam Nahrawi melepas Borobudur Marathon 2016 di Lapangan Lumbini Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. Hadir dalam acara ini Gubernur Provinsi Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Deputi Peningkatan Prestasi Olahraga Gatot S Dewabroto, Staf Khusus Menpora Bidang Keolahrahagaan Taufik Hidayat, dan Kadispora Provinsi Jawa Tengah Budi Santoso.

Sebelum melepas tembakan start, Menpora Imam Nahrawi menyampaikan bahwa Presiden Jokowi berpesan kepada seluruh peserta marathon selamat berolahraga, semoga semua sehat, Presiden sangat senang dengan adanya even ini untuk mewujudkan masayarakat Indonesia yang sehat dan semoga dapat diikuti provinsi lain.

“Tren olahraga saat ini adalah sport industry dan sport tourism, sehingga saat ini Kemenpora bersama Kementerian Pariwisata dan berbagai pihak terkait sangat intens mendorong berkembangnya olahraga industri dan olahraga pariwisata, di samping tugas utama kami dalam meningkatkan prestasi olahraga tanah air,” ujar Imam.

“Tahun depan kami akan mendorong seluruh provinsi dan destinasi wisata di Indonesia agar mensinergikan olahraga dengan pariwisata, baik itu dengan maraton, sepeda, dan olahraga lainnya. Hal ini sebagai bagian dari promosi wisata Indonesia, sehingga target pemerintah dalam mendatangkan wisatawan luar negeri bisa tercapai,” katanya.

“Kita memberikan apresiasi yang tinggi kepada Gubernur Jawa Tengah dan Bank Jateng serta segenap Direksi Cagar Budaya Candi Borobudur yang telah mengemas dengan sedemikian rupa acara ini sehingga terlaksana dengan baik dan mengalami perkembangan yang luar biasa terutama dari jumlah atlet, dan saya berharap kegiatan serupa dapat diikuti oleh provinsi lain di Indonesia, ” ujarnya.

Sebanyak 20.000 atlet dari berbagai negara mengikuti kegiatan ini dengan memperebutkan hadiah senilai total Rp 3,2 miliar. Borobudur Marathon 2016 mempertandingkan berbagai macam kategori lomba yaitu Borobudur Ambassador Run and Celebrity Run sejauh 3K, Borobudur 10K, Borobudur Half Marathon sejauh 21 KM, Borobudur Full Marathon sejauh 42 km, dan Ultramarathon sejauh 120 km.

Khusus Ultramarathon, start mengambil tempat Stasiun Ambarawa, Kabupaten Semarang. Pesertanya berasal dari beberapa negara meski terbanyak tetaplah atlet dalam dalam negeri. Jumlah keseluruhan peserta Ultramarathon ada 86 orang, dikemas bukan dalam bentuk lomba, melainkan wisata sehingga terbagi dalam tiga etape. (sit)