Kastara.id, Jakarta – Plt Deputi Pengembangan Pemuda Jonni Mardizal menutup program Asean Students Visit India (ASVI) 2016 di Best Mangga Dua Hotel, Sabtu (19/11) sore. Rencanyanya hari ini, Minggu (20/11) sebanyak 25 pemuda akan diberangkatkan ke India.

Di depan 25 peserta ASVI, Plt. Deputi Pengembangan Pemuda Jonni mengatakan, sebelum diberangkatkan ke negara India, mereka mendapatkan pelatihan selama tiga hari di Wisma Soegondo Joyopuspito, PPPON Cibubur. Pelatihan tersebut meliputi kegiatan persiapan fisik dan mental, berbagai materi tentang character building dan leadership, kewirausahaan dan latihan untuk penampilan seni budaya.

“Pertukaran pemuda Indonesia dan India berbeda dengan pertukaran pemuda lainnya. Karena dalam program pertukaran pemuda Indonesia dan India ini kalian akan bertemu dengan pemuda dari sembilan negara Asean. “Selama sembilan hari kalian akan mendapatkan pengalaman berharga tentang kebudayaan, wawasan, dan toleransi yang mungkin tidak didapatkan dari tempat lain. Karena itu saya berharap dari 25 peserta ini untuk memanfaatkan program ini dengan baik,” katanya.

Jonni juga meminta kepada peserta untuk saling bertukar pikiran, pengalaman, hingga ilmu dalam berbagai hal dan selama menjalani rangkaian ini diharapkan bisa menggali semua pengetahuan positif. Selain itu, untuk mempromosikan Indonesia, baik itu budaya, seni, tempat wisatanya, dan yang lainnya.

Sementara itu, Asdep Kemitraan dan Penghargaan Pemuda Wisler Manalu menjelaskan, setelah menjalani pelatihan, mereka akan  berangkat ke India pada tanggal 20 November. Selama sembilan hari mereka akan banyak kesempatan mengikuti kegiatan dan mengunjungi banyak tempat  seperti Bengaluru, Ahmedabad, Agra, dan Delhi. Di tiap kota tersebut, para pemuda ASEAN mengunjungi beberapa perusahaan, universitas, tempat bersejarah, dan tempat wisata yang umumnya dikenal secara luas seperti perusahaan TVS, institusi IIM, Gandhi Ashram, dan Taj Mahal. Selain itu juga terdapat kegiatan public discussion and presentation mengenai social entrepeneurship dan yang terakhir adalah kegiatan penampilan seni budaya.

“Asean Student Visit India (ASVI) atau Siswa Asean Kunjungi India merupakan program tahunan yang didukung dalam kolaborasi antara Kementerian Luar Negeri India, Konfederasi Industri India (CII), dan Kementerian Pemuda dan Olahraga di negara-negara ASEAN. Negara ASEAN terdiri dari Brunei, Kamboja, Indonesia, Laos, Malaysia, Myanmar, Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam.

Di akhir acara Plt. Deputi Pengembangan Pemuda Jonni Mardizal dan Staf Ahli Bidang Kerjasama Kelembagaan Adiati Noerdin menyematkan PIN kepada perwakili delegasi. Penyematan ini menandakan telah dikukuhkanya 25 anggota delegasi Indonesia. (sit)