Fokus Depok

Pelatihan Mitigasi Bencana Alam Diikuti Ratusan Warga Cimpaeun

Kastara.ID, Depok – 200 warga Cimpaeun mendapatkan pelatihan Mitigasi Bencana dari Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Penyelamatan Kecamatan Tapos. Pelatihan tersebut dilakukan agar warga memiliki kewaspadaan dini terhadap bencana yang mungkin terjadi di lingkungannya.

Lurah Cimpaeun, Rohman Tohir mengatakan, pelatihan dilaksanakan selama dua hari yaitu tanggal 17-18 November 2021. Terbagi menjadi dua sesi, sesi pertama pada tanggal 17 sebanyak 100 orang dan sesi kedua pada tanggal 18 juga sebanyak 100 orang.

“Peserta pelatihan terdiri dari Pengurus RT-RW, Pokdar Kamtibmas, Linmas, PKK dan para pelaku usaha ” tuturnya seperti dimuat laman resmi Pemkot Depok (18/11).

Rohman menjelaskan, dalam beberapa tahun terakhir di wilayahnya kerap kali terjadi bencana, baik tanah longsor ataupun puting beliung. Untuk itu, pihaknya ingin masyarakat dapat mendeteksi secara dini atau paling tidak mengurangi dampak yang ditimbulkan dari musibah tersebut.

“Kami ikut sertakan pelaku usaha seperti bengkel dan rumah makan agar mereka lebih peduli terhadap bencana, terutama kebakaran,” terangnya.

Dia berharap, dengan pelatihan ini mereka mempunyai kewaspadaan dini dan ketika terjadi bencana mengerti langkah yang harus dilakukan. Pihaknya bersama warga juga telah melakukan kerja bakti di lingkungan untuk meminimalisir dampak negatif yang dapat ditimbulkan dari bencana.

“Semoga ke depan masyarakat semakin peduli dan mempunyai kewaspadaan dini terhadap bencana alam ataupun non alam, seperti kebakaran dan penyakit saat musim penghujan,” tutupnya (dha)

Leave a Comment

Recent Posts

Larangan Investigative Reporting Harus Dilawan

Kastara.ID, Jakarta - Investigative reporting itu dapat mengungkap atau membongkar sesuatu yang ditutup-tutupi. Hal itu…

99 Elemen Masuk Barisan di KBBI Siap Menangkan Imam Budi Hartono di Pilkada Depok

Kastara.Id,Bogor - Puluhan elemen atau relawan warga Kota Depok terhimpun dalam Keluarga Besar Bang Imam…

Selamat Ginting: Salim Said Bagai Kamus Berjalan Soal Politik dan Militer

Kastara.id,Jakarta - Pengamat politik dan militer Universitas Nasional (Unas) Selamat Ginting mengungkapkan sosok almarhum Prof…

SIT Darul Abidin Anak Didiknya Menciptakan Permainan Sehingga Otaknya Lebih Sehat

Kastara.Id,Depok - Wakil Walikota Depok Imam Budi Hartono memberikan Sambutan dalam Kegiatan Scratch Day Celebration…

KPU Depok Pastikan Tidak Diikuti Oleh Calon Perseorangan Dalam Pilkada 2024

Kastara.Id,Depok - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok, Jawa Barat Wili Sumarlin memastikan pemilihan…

55 Anggota PPK Depok di Lantik Dan Langsung Berkerja Untuk Pilkada Serentak 2024

Kastara.Id,Depok - Kali ini Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok, Jawa Barat secara  resmi melantik…