Kastara.id, Jakarta – Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan memastikan keamanan persediaan semua jenis bahan bakar minyak (BBM) selama warga menyambut tahun baru.

“Stok Premium 19,44 hari. Cukup saya kira. Minyak tanah 57 hari. Solar 21 hari, Pertamax 16 hari, Pertamax Turbo 31 hari, Pertamina Dex itu 31 hari. Jadi kalau ada lonjakan menurut saya masih bisa dikendalikan,” kata Jonan kepada wartawan di kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Selasa (20/12).

Selain keamanan stok, Menteri Jonan juga memastikan pemerintah menyatakan tidak akan menaikkan harga BBM jenis premium, solar, dan minyak tanah hingga tiga bulan ke depan. “Sesuai dengan arahan Presiden, harga premium, solar, dan minyak tanah ditetapkan untuk tidak naik dulu,” ujarnya.

Dengan ketetapan tersebut, harga jual jenis BBM tertentu, dan jenis BBM khusus penugasan tetap, yakni Rp 6.450 per liter untuk premium, Rp 5.150 per liter untuk solar bersubsidi, Rp 2.500 per liter untuk minyak tanah.

Dijelaskan Jonan, pemerintah masih akan melihat perkembangan harga BBM ini pada Januari hingga Februari 2017. Apakah nanti dalam tiga bulan, berdasarkan hasil evaluasi, harga BBM bisa dinaikkan atau tidak. “Tapi ketetapannya tidak dinaikkan terlebih dahulu,” kata Jonan.

Menurutnya, pemerintah telah berupaya keras untuk menjaga agar daya beli masyarakat tidak menurun, yakni dengan cara tidak menaikkan harga BBM. (mar)