Pameran Seni Rupa

Kastara.ID, Jakarta – Puluhan pelukis dan pematung yang tergabung dalam Himpunan Perupa Jakarta bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi DKI menggelar pameran seni rupa di lobi gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta.

Sekretaris Himpunan Pelukis Jakarta yang juga memamerkan karya lukisnya, Kembang Sepatu (47) mengatakan, pameran yang memamerkan karya 31 perupa Jakarta tersebut berlangsung pada 17-23 Desember 2019.

“Pameran ini memamerkan 60 karya lukis dan empat karya patung para seniman yang tergabung dalam HIPTA,” ujarnya (19/12).

Dijelaskan Kembang Sepatu, adapun karya yang dipamerkan, untuk seni patung, yaitu patung tari, Jenderal Sudirman, Diponegoro dan Imam Bonjol. Untuk lukisan, judul penjaga nasionalisme (Kembang Sepatu), Cahaya Hajar Aswat (Cak Kandar).

Selanjutnya karya Dialog (Budi Karmanto DR), Nur, Alam, Biru (Gogor Purwoko), Kesetiaan (Handoyo JJ), Penari Tortor (Tupak Sitompul), Penari Cilik (Yunti Ars), dan lain sebagainya.

Ia menambahkan, selain menampilkan corak keindahan lukisan Kota Jakarta dan keindahan rupa-rupa lainnya, pihaknya juga ingin mengajak para penikmat seni dan warga untuk mendonorkan darah serta mengapresiasi karya-karya seni rupa tersebut.

“Jadi, lima puluh persen dari hasil penjualan dan lelang karya seni ini akan kami sumbangkan ke PMI DKI Jakarta,” tandasnya. (hop)