Palestina

Kastara.ID, Jakarta – Indonesia serukan komunitas internasional termasuk Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk mengambil langkah konkret menentang kebijakan Israel yang dinilai terus melemahkan proses damai dengan Palestina.

Dian Triansyah Djani, selaku Wakil Tetap RI untuk PBB, mengatakan bahwa Indonesia ragu proses kredibel bisa menggiring solusi damai Israel-Palestina jika salah satu pihak terkait terus melanggar dan dunia membiarkan.

Diketahui, sejak 2017 konflik Palestina-Israel terus memanas terutama setelah Presiden Amerika Serikat Donald Trump memutuskan mengakui Yerusalem sebagai ibukota Israel dan memindahkan kedutaan ke wilayah tersebut.

Padahal, selama ini Yerusalem merupakan sumber konflik Palestina-Israel di mana kedua belah pihak sama-sama mengklaim kota itu sebagai ibukota masa depan mereka.

Bahkan baru-baru ini, Amerika Serikat bahkan mengakui permukiman Israel di Tepi Barat sah secara hukum. Padahal, selama ini komunitas internasional menganggap pendudukan Israel di wilayah Palestina itu sebagai ilegal.

Menurut Dian, seluruh negara terutama negara anggota DK PBB perlu menghidupkan kembali komitmen bersama terhadap proses perdamaian Israel-Palestina melalui solusi dua negara sesuai dengan resolusi yang disepakati internasional sejak lama. (har)