Airport Health Center Bandara Soetta

Kastara.ID, Jakarta – PT Angkasa Pura/AP II (Persero) bersama stakeholder mengembangkan layanan Airport Health Center di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta).

Pengembangan layanan yang dilakukan adalah, mulai 21 Desember 2020 calon penumpang pesawat memiliki tiga alternatif mendapatkan layanan tes Covid-19 di Airport Health Center Bandara Soekarno-Hatta, baik itu untuk PCR test, rapid test antigen, atau rapid test antibody.

Alternatif pertama, calon penumpang pesawat dapat melakukan pemesanan terlebih dahulu (pre-order service) untuk memilih jadwal tes di Airport Health Center Terminal 2 (shelter skytrain) atau Terminal 3 (area lounge umroh). Pre-order ini dilakukan melalui aplikasi Travelation (https://travelation.angkasapura2.co.id) milik PT Angkasa Pura II. Aplikasi Travelation ini juga terkoneksi dengan aplikasi Indonesia Airports (INAirport).

Alternatif kedua, calon penumpang pesawat dapat melakukan tes PCR atau rapid test antigen di dalam kendaraan secara drive thru (drive thru service) di tiga lokasi. Lokasi pertama sudah eksisting saat ini yaitu drive thru test di lapangan parkir area Terminal 3 domestik, lalu mulai 21 Desember 2020 akan ada lokasi kedua di area parkir Terminal 1B, dan lokasi ketiga di area parkir Terminal 2D.

Alternatif ketiga, calon penumpang pesawat dapat langsung menuju Airport Health Center Terminal 3 (SMMILE Center) dan Terminal 2 (Shelter Skytrain) untuk melakukan tes (walk in service), seperti yang sudah dilakukan saat ini.

Direktur Utama PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin mengatakan, tersedianya tiga alternatif ini bertujuan untuk memberikan pilihan bagi calon penumpang pesawat agar dapat merencanakan tes Covid-19 dengan lebih baik, dan juga memecah penumpukan calon penumpang sehingga tes tidak dilakukan secara bersamaan di satu titik.

“Jumlah calon penumpang pesawat yang melakukan tes di Airport Health Center Terminal 2 dan Terminal 3 mengalami tren kenaikan dalam beberapa hari terakhir, karena itu kami mengembangkan layanan dengan menyediakan tiga alternatif dalam proses layanan test Covid-19 di Bandara Soekarno-Hatta,” ujar Awaluddin, Ahad (20/12).

Tiga alternatif ini dapat memberikan kemudahaan atau seamless process. Melalui konsep pre-order, calon penumpang pesawat dapat melakukan reservasi terlebih dahulu dari mana saja, tidak harus ke bandara dulu. Jadi, calon penumpang dapat menyesuaikan waktu datang ke bandara sesuai dengan jadwal tes yang telah ditetapkan.

“Drive thru test juga tersedia, sehingga Bandara Soekarno-Hatta memiliiki lebih banyak alternatif lokasi tes Covid-19. Dengan demikian, konsentrasi area layanan akan terbagi antara drive thru test area dan walk in test area,” jelasnya.

Sejalan dengan tersedianya alternatif ini, maka PT Angkasa Pura II dapat menjaga penerbangan dari Bandara Soekarno-Hatta untuk tetap bebas repot (hassle free), bebas stres (stress free), dan bebas kebingungan (confusing free).

Adapun PT Angkasa Pura II sebagai operator Bandara Soekarno-Hatta melalui Airport Health Center ini berupaya untuk mendukung terwujudnya penerbangan sehat, serta mendukung calon penumpang pesawat untuk dapat memenuhi protokol kesehatan yang ditetapkan.

Airport Health Center sendiri dioperasikan oleh mitra PT Angkasa Pura II, yakni Farmalab dan Kimia Farma Diagnostik.

Dengan adanya pengembangan layanan ini, maka kawasan Bandara Soekarno-Hatta memiliki enam lokasi tes Covid-19 yaitu:
1. Airport Health Center Terminal 2 di Shelter Skytrain;
2. Airport Health Center Terminal 3 di SMMILE Center;
3. Airport Health Center Terminal 3 di area lounge umrah;
4. Drive Thru Test Lapangan Parkir Terminal 3 Domestik;
5. Drive Thru Test Lapangan Parkir Terminal 1B;
6. Drive Thru Test Lapangan Parkir Terminal 2D.

Tersedianya Airport Health Center sebagai fasilitas layanan test Covid-19 di Bandara Soekarno-Hatta merupakan salah satu upaya PT Angkasa Pura II dalam mendukung kelancaran penerbangan yang sehat, aman, dan nyaman. (ant)