IPB

Kastara.ID, Jakarta – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menyepakati kerja sama dengan Institut Pertanian Bogor (IPB) tentang pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Penandatanganan Kesepakatan Bersama dilakukan langsung oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dengan Rektor IPB Arif Satria di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Gambir, Jakarta Pusat.

Realisasi kerja sama di sektor pendidikan akan mencakup pengiriman pegawai Pemprov DKI untuk melanjutkan studi S2 maupun S3, beasiswa pendidikan S1 untuk warga DKI yang belajar di IPB, pelatihan-pelatihan terkait dengan peningkatan nilai tambah produk-produk pertanian, serta pengembangan pendidikan SMA dan vokasi.

Kemudian terkait dengan penelitian seperti kajian pemetaan rantai pasokan dan jaringan distribusi pangan, neraca bahan makanan, pola konsumsi pangan masyarakat, sistem kewaspadaan pangan, analisis subsidi pangan, blockchain untuk produk daging, pengembangan wirausaha dan UKM, urban farming, riset permasalahan kerang hijau di Jakarta, hidrologi maupun tata kelola air serta pengelolaan limbah, serta kajian inflasi pangan.

Selain itu, kerja sama berkaitan dengan pengabdian kepada masyarakat meliputi, program gizi anak sekolah, laboratorium lapangan sea farming di Kepulauan Seribu, pemeriksaan hewan kurban, pengelolaan kebun binatang Ragunan, mobil klinik tanaman, mobil kesehatan hewan, konsultasi gratis gizi, anak dan keluarga, serta tata kelola pertamanan.

Anies berharap, kerja sama antara Pemprov DKI Jakarta dengan IPB dapat menghasilkan terobosan-terobosan yang dibutuhkan di Jakarta, terutama kaitannya dengan mewujudkan ketahanan pangan.

“Alhamdulillah, Pemprov DKI dan IPB bisa bekerja sama lebih intens. Semoga ke depan kita bisa mengerjakan aktivitas yang konkret untuk kebaikan DKI Jakarta,” ujarnya, Senin (21/1).

Sementara Rektor IPB Arif Satria menuturkan, pihaknya akan mewujudkan berbagai kerja sama di sejumlah sektor pertanian dan pangan seperti, penelitian bibit unggul untuk warga Jakarta hingga penerapan konsep sea farming.

Sea farming akan kita kembangkan di Jakarta sebagai terobosan baru menjaga kelestarian lingkungan di Teluk Jakarta,” terangya.

Ia menambahkan, sebagai institusi pendidikan IPB juga ingin berkolaborasi dengan Pemprov DKI untuk melahirkan ahli-ahli di bidang pertanian.

“Kita ingin warga Jakarta semakin memiliki kesempatan untuk belajar di IPB dan mengembangkan diri dalam menghadapi tantangan di dunia pertanian,” tandasnya. (hop)