Pimpinan MPR

Kastara.id, Jakarta – Rapat Gabungan (Ragab) MPR akhirnya memutuskan kepastian penambahan kursi pimpinan MPR RI untuk PDIP, Gerindra, dan PKB. Karena itu Ahmad Basarah (PDIP), Ahmad Muzani (Gerindra), dan A. Muhaimin Iskandar (Cak Imin) akan dilantik pada Senin (26/3).

Ragab dipimpin oleh Ketua MPR RI Zulkifli Hasan, Hidayat Nurwahid, EE. Mangindaan, Mahyudin, dan Oesman Sapta Odang (OSO) dan dihadiri oleh seluruh pimpinan fraksi MPR RI di Kompleks Parlemen, Senayan Jakarta, Rabu (21/3).

“Ragab telah memutuskan tiga pimpinan MPR RI yang baru akan dilantik pada Senin (26/3/2018),” tegas Zulkifli Hasan.

Keputusan tersebut dibenarkan oleh Ketua DPP PKB Jazilul Fawaid, jika Ragab sudah sepakat sesuai juga dengan keputusan revisi UU MD3, yang sudah berlaku sejak 13 Maret 2018 lalu.

“FPKB minta Sekjen MPR RI untuk menyiapkan proses pelantikan itu secara teknis agar berlangsung sukses,” ujar anggota Komisi III DPR itu.

Dengan demikian jumlah pimpinan MPR RI sebanyak 8 orang (PDIP, Golkar, Demokrat, PAN, PKS, Gerindra, PKB, dan DPD RI). Sedangkan hanya satu untuk pimpinan DPR RI dari PDIP Utut Adianto, yang sudah dilantik oleh Ketua DPR RI pada Selasa (20/3) kemarin.(danu)