Franco-Morbidelli

Kastara.ID, Milan – Pembalap Satelit Petronas Yamaha SRT Franco Morbidelli adalah salah satu dari banyak orang Italia yang hidup di bawah Lockdown di rumahnya selama sepekan terakhir ini.

Morbidelli dan seluruh pembalap MotoGP lainnya, seharusnya berada di Buriram untuk seri MotoGP Thailand 2020 (20/3).

Tapi Thailand bersama dengan Amerika Serikat dan Argentina telah menunda balapan mereka ke akhir musim untuk menangkal penyebaran wabah virus Corona.

Sementara untuk seluruh pembalap Italia telah hidup di bawah kondisi lockdown di rumah masing-masing guna menghindari penyebaran virus corona.

“Saat ini di Italia kita harus tinggal di rumah, pembatasan utamanya adalah bahwa Anda tidak meninggalkan rumah Anda kecuali untuk membeli makanan atau untuk beberapa hal penting lainnya,” ungkap Morbidelli seperti dilansir Crash.

“Ini sudah sejak Senin lalu, jadi sudah lebih dari seminggu sekarang, tapi saya harap situasinya akan segera berakhir. Satu-satunya cara saya berlatih saat ini adalah kegiatan di rumah. Saya mencoba untuk tetap bugar tapi tanpa harus meninggalkan rumah. Saya bisa berlari jika saya punya pekarangan luas, tapi tidak. Tentu saja itu bukan rutinitas latihan saya yang biasa saya lakukan di gym, tapi saya tetap bugar dan kuat,” katanya.

Selain menjaga kebugaran, Morbidelli menangkal kebosanan dengan belajar memainkan beberapa alat musik. “Itu tidak mudah. Saya perlu banyak berlatih! Mungkin sampai ini (lockdown) berakhir saya bisa memainkan harmonika dan ‘cajon’,” paparnya.

Menjalani hidup di bawah lockdown memang butuh kesabaran. “Pesan saya kepada semua penggemar dan orang-orang Italia dalam situasi yang sama di seluruh dunia adalah tetap tenang, tenang, dan hormati apa yang dikatakan Organisasi Kesehatan Dunia. Kita harus mencoba untuk menikmati waktu kita di rumah dan mendapatkan hasil maksimal dari itu. Kita dapat melakukan hal-hal di rumah yang biasanya kita tidak punya waktu untuk melakukannya,” imbuh Morbidelli.

Lalu berapa lama kondisi lockdown berlanjut, dan kapan Morbidelli bisa kembali menggunakan M1-nya?

“Untuk semua penggemar MotoGP; kami sedang sedikit beristirahat sekarang, tapi semoga kami akan segera berada di lintasan. Ketika kami sudah di lintasan, kami akan dapat kembali melakukan pekerjaan kami bahkan dengan lebih banyak kekuatan dan energi daripada sebelumnya!” cetus Morbidelli.

Kalender sementara MotoGP saat ini menempatkan Jerez sebagai pembuka musim 2020, yang dijadwalkan mulai 1-3 Mei, tapi sejauh ini belum ada kepastian. (tra)