All New Ertiga

Kastara.id, Jakarta – Di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018 yang berlangsung di JIEXpo Kemayoran, Jakarta, 19-29 April 2018, PT Suzuki Indomobil Motor meluncurkan MPV tujuh penumpang terbarunya, The All-new Ertiga.

All-new Ertiga menampilkan desain eksterior yang menciptakan kesan kuat dan elegan, dengan gril depan yang tampak mewah dan garis bahu yang dinamis. Di bagian dalam, interior All-new Ertiga yang telah diperbarui menampilkan dashboard yang dipahat secara halus dan aksen corak kayu besar yang menawarkan keanggunan yang berkelas.

Beberapa keunggulan New Ertiga adalah desain eksterior yang khas, desain interior yang kontemporer, kenyamanan yang Luas, serta tenaga dan efisiensi bahan bakar.

Desain eksterior All-new Ertiga tampil elegan dengan karakter yang kuat jadi pembeda dengan MPV lainnya. Desain eksterior All-new Ertiga terlihat pada grille yang dibuat halus dengan kombinasi aksen hitam dan krom, menciptakan kesan yang kuat dan elegan. Integrasi lower grille dan fog lamp untuk moncong yang lebih tinggi dan lebih lebar memberi kesan tampil lebih berani.

Bagian samping garis bahu yang dinamis dan mengalir mengekspresikan kekuatan dan keanggunan. Jendela vertikal pendek yang stylish, atap yang lebih rendah di bagian belakang untuk tampilan sisi yang lebih aerodinamis.

Lampu belakang LED kombinasi kini tampil lebih besar terintegrasi dengan garnish belakang yang lebih lebar. Garis bumper belakang mengalir dinamis.

Interior pada All-new Ertiga yang baru tampil dengan desain dan tekstur yang berkelas untuk tingkat kenyamanan, kualitas, dan kemewahan yang lebih tinggi dibandingkan dengan MPV lainnya. Dengan platform HEARTECT generasi terbaru dan bodi yang lebih panjang 130 mm, interior yang penuh gaya dan cerdas menawarkan ruang kaki, ruang kepala, dan ruang bagasi yang lebih luas.

Fitur desain interior All-new Ertiga terdapat aksen pola kayu besar membungkus panel interior, steering wheel, dan trim pintu untuk kesan yang lebar dan elegan. Dashboard yang diukir secara dinamis memberikan kesan lebih luas. Penggunaan aksen krom yang luas untuk kesan mewah. Sistem audio panel sentuh yang praktis dengan koneksi Bluetooth, serta speedometer dan tachometer backlit yang mewah.

All-new Ertiga hadir dalam tujuh pilihan warna bodi, termasuk dua warna baru elegan yaitu Magma Grey Metallic, warna abu-abu gelap dengan pantulan diperhalus yang mengandung butiran logam besar seperti lava mengeras yang mengekspresikan perasaan kokoh.

Warna Glorious Brown Pearl Metallic dengan kilau metalik mutiara, membangkitkan kesan matahari terbenam pada cerminan permukaan danau untuk memberikan rasa kualitas premium dan kepuasan yang menenangkan. Pilihan warna lainnya yaitu Snow White Pearl (ZQZ), Burgundy Red Pearl (ZLL), Silky Silver Metallic (Z2S), dan Radiant Red Pearl (ZKB).

All-new Ertiga dibekali mesin bensin 1,5 liter yang baru menghasilkan kombinasi antara efisiensi bahan bakar dan performa berkendara. Kapasitas mesin 1,5 liternya lebih besar dari pada tipe mesin K14B pada Ertiga sebelumnya. Performanya mampu menyemburkan tenaga dan torsi yang lebih besar dengan efisiensi bahan bakar terbaik di kelasnya.

Mesin tersebut menghasilkan lebih sedikit kebisingan dan getaran untuk berkendara yang lebih tenang, dan radiator yang sangat efisien memberikan output yang lebih tinggi serta performa AC yang lebih baik.

Platform HEARTECT generasi baru menciptakan frame tersegmentasi tersambung yang meningkatkan kekakuan bodi bagian bawah. Bentuknya yang halus dan melengkung menyebarkan energi lebih efisien untuk keamanan yang lebih baik terhadap benturan. Demikian pula dengan bobot yang lebih ringan membuat konsumsi bahan bakar lebih irit dan performa berkendara lebih tinggi.

Selain itu, bodi bagian bawah dan komponen yang melekat padanya dioptimalkan sebagai kesatuan yang utuh, bukan secara terpisah, untuk mengurangi kebisingan dan getaran.

All-new Ertiga juga tampil dengan aerodinamika terbaik yang stylish di kelasnya yang dicapai melalui CAE (computer-aided engineering) dan pengujian terowongan angin, memberikan efisiensi bahan bakar yang tinggi dan meminimalisir kebisingan.

Dengan platform HEARTECT, suspensi strut front dan suspensi bagian belakang Macpherson torsion beam dirancang ulang secara optimal sehingga memberikan kenyamanan perjalanan, terutama pada baris ketiga. Suspensi juga sangat ringan karena sebagian besar terbuat dari baja high-tensile.

Peningkatan keamanan pada sensor parkir mundur ultrasonik di bumper belakang mendeteksi hambatan ketika pengendara memarkirkan mobilnya. Sistem tersebut menyediakan suara peringatan dan menampilkan informasi pada panel instrumen untuk memberi informasi mengenai jarak kendaraan dengan hambatan.

All-new Ertiga kini dilengkapiĀ sistem immobilizer di mana mesin tidak akan bisa dijalankan jika kunci dan ID kendaraan tidak sesuai. Teknologi ini telah terbukti sangat efektif untuk mencegah pencurian menggunakan kunci duplikat. Setelah pintu dikunci dengan sistem keyless entry, alarm akan berbunyi ketika ada yang mencoba membuka pintu dengan cara yang lain, sehingga memberikan jaminan dan ketenangan.

All-new Ertiga hadir dengan airbag SRS pada bagian depan untuk melindungi pengemudi dan penumpang yang berada di depan dalam kasus benturan dari depan. Fitur keamanan lainnya yang terdapat pada All-new Ertiga adalah TECT (Total Effective Control Technology). Desain bodi yang meminimalisir cedera pada pejalan kaki Pengait kursi anak (ISOFIX) Hill hold control, ESPĀ®*1 merek dagang yang terdaftar di Daimler AG, serta ABS dengan EBD. (*)

Reporter/Foto: Koes Biantoro-Kastara.ID
Editor: Dwi