IIMS 2018

Kastara.id, Jakarta – Masih di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018, (19-29/4), Mercedes-Benz Indonesia merayakan Hari Kartini dengan menggelar Media Luncheon She’s Mercedes (20/4) untuk menginspirasi dan pemberdayaan wanita. Melalui inisiatif She’s Mercedes, Mercedes-Benz semakin memberikan sorotan terhadap kebutuhan para wanita.

Mercedes-Benz Indonesia memperkenalkan inisiatif She’s Mercedes untuk tahun 2018 pada ajang pameran otomotif bergengsi IIMS 2018 yang fokus pada She’s Mercedes Media Luncheon yang eksklusif.

Editor in Chief Harper’s Bazaar Indonesia Ria Lirungan yang hadir sebagai pembicara dalam Talk Show She’s Mercedes mengatakan bahwa peranan wanita dalam berkarir di dunia kerja saat ini tentunya telah berkembang pesat. Saat ini telah banyak para wanita yang berhasil menduduki posisi stategis dan posisi penting dalam karir atau pekerjaannya.

“Hal ini membuktikan bahwa kemampuan para wanita tidak kalah dari pria dan bahkan lebih berpotensi untuk dapat bersaing di dunia kerja atau bidang masing-masing. Tidak jarang ide-ide dari para wanita dapat menginspirasi dan menjadi pelopor dalam bidang yang ditekuninya,” ujarnya.

Menurut Ria, wanita harus berusaha mencari tahu potensi-potensi apa yang dimiliki. Passion apa yang dapat dikembangkan di mana pun dan kapan pun berada atau bekerja. “Dengan adanya passion dan jika ditekuni passion tersebut, maka saya percaya kesuksesan akan mengikuti kita dengan sendirinya. Teruslah kreatif dan jangan takut untuk mencoba hal baru. Jika anda mempunyai rasa penasaran dan ingin mencoba hal baru, maka cobalah, jangan takut untuk mencoba,” jelas Ria Lirungan.

Platform inspirasi She’s Mercedes memungkinkan terjadinya komunikasi yang ditargetkan dengan dan antar kaum wanita. Dengan mengadakan acara global dan kesempatan membangun sebuah jaringan, She’s Mercedes mengajak pertukaran pandangan dan informasi secara reguler.

Melalui majalah dan juga jaringan She’s Mercedes, para wanita menarik dari beragam bidang dan sektor berbagi wawasan mengenai dunia kehidupan mereka serta mengundang adanya dialog. Kisah sukses dari bidang profesional dan pribadi mereka diharapkan akan menginspirasi banyak orang dalam memulai jalan kehidupan mereka sendiri.

Menurut Department Manager Event Marketing PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia Mathilda Ayunda, sejak tahun 2006 dirinya telah berkecimpung di dunia otomotif. Selama bekerja di industri ini, tidak semua hal selalu berkaitan dengan hal teknis. “Mercedes-Benz sendiri tidak ingin memberikan informasi yang lebih teknis, melainkan lebih ke arah lifestyle. Jadi dari kegiatan-kegiatan yang kita lakukan dan pesan-pesan yang kita sampaikan melalui promosi iklan maupun kampanye aktivitas lebih diarahkan kepada customer emotion,” katanya.

Ada banyak hal yang memerlukan sentuhan wanita dalam industri otomotif, seperti lebih memahami hal detail. Daimler memiliki kebijakan dengan berkomitmen harus ada 20% harus kaum wanita yang bekerja dalam perusahaan. “Ini juga merupakan komitmen Daimler untuk memberikan kesempatan kepada wanita bisa berkecimpung di dunia otomotif,” ungkap Mathilda.

Sebagai perusahaan induk Mercedes-Benz, Daimler telah menetapkan sasaran peningkatan proporsi wanita dalam posisi manajemen meningkat hingga 20 persen pada tahun 2020. Persentase tersebut terus meningkat dalam beberapa tahun terakhir dan saat ini telah mencapai lebih dari 15 persen.

Bersama Renata Jungo Brüngger dan Britta Seeger, Daimler memiliki dua wanita yang duduk di Dewan Manajemen, setara dengan persentase wanita sebesar 25 persen. Manajemen keragaman telah tertanam kuat di dalam strategi perusahaan sejak tahun 2005 dan memberikan kontribusi yang menentukan bagi kesuksesan perusahaan.

Daimler menekankan pentingnya tenaga kerja yang beragam serta memanfaatkan pengalaman, perspektif, dan keterampilan yang berbeda. Manajemen keragaman yang aktif mencakup berbagai peluang kualifikasi, lokakarya, dan acara yang diperuntukkan bagi kaum wanita namun juga bagi kaum pria, serta sejumlah program mentoring.

Sejak pertama didirikan, kaum wanita merupakan bagian dari kisah sukses mobilitas Mercedes-Benz dan juga memainkan peran fundamental dalam kelanjutan pengembangan merek tersebut. Mulai dari peneliti, pengembang, insinyur, maupun pelanggan cerdas dengan keinginan individu yang mereka miliki.

“Kaum wanita adalah kelompok konsumen yang tumbuh paling cepat dan paling berpengaruh di dunia,” kata Roelof Lamberts, Presiden dan CEO PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia menanggapi inisiatif She’s Mercedes. (*)

Reporter: Koes Biantoro-Kastara.ID
Editor: Dwi