Puasa Lalim Islam

Kastara.ID, Jakarta – Jozeph Paul Zhang kembali membuat video yang menghebohkan. Kali ini pria yang sudah ditetapkan sebagai tersangka kasus penistaan agama ini secara terang-terangan menyerang Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas. Bahkan dalam video yang diunggah pada Selasa (20/4) di laman YouTube itu, Jozeph menantang Yaqut berdebat tentang Pancasila.

Jozeph menyebut video yang baru dibuatnya sebagai respons atas permintaan Yaqut kepada pihak Kepolisian agar segera menangkap dan memproses Jozeph secara hukum. Pemilik nama asli Shindy Paul Soerjomoelyono ini juga menyinggung permasalahan Gereja GKI Yasmin di Bogor, Jawa Barat. Menurut Jozeph, seharusnya Menag tidak perlu meminta polisi menangkapnya. Menurutnya Yaqut cukup membuka kembali Gereja GKI Yasmin dan gereja-gereja lain yang ditutup.

Dalam video itu, Jozeph yang saat ini diduga bermukim di Berlin, Jerman itu  mengklaim lebih pancasilais dibanding Yaqut. Lantaran sempat dituding anti-Pancasila, Jozeph bahkan menantang Yaqut berdebat tentang Pancasila dan agama. Menurutnya, tindakan mengklaim sebagai nabi ke-26 dilakukan untuk meluruskan ajaran nabi sebelumnya.

Jozeph menyebut boleh saja ia mengatakan seperti itu sesuai dengan penafsirannya sendiri. Jika Menag Yaqut tidak setuju dengan pernyataannya yang menyebut Nabi Muhammad SAW salah, Jozeph mengaku siap berdebat. Pria yang mengaku sebagai nabi ke-26 ini juga menyebut agama dilahirkan dari hoaks. Ia menyebut sila pertama Pancasila berbicara tentang bertuhan bukan agama. Itulah sebabnya Jozeph mengklaim lebih pancasilais dibanding Yaqut yang shalat dengan gila-gilaan.

Dalam video tersebut pria yang sudah meninggalkan Indonesia sejak 2018 itu juga mengomentari pernyataan Ketua Persekutuan Gereja-gereja Indonesia (PGI), Gomar Gultom yang meragukan gelar pendetanya. Jozeph menegaskan dirinya memiliki sertifikat sebagai pastor.

Menurutnya, Ketua PGI Gomar Gultom tidak bisa melarang dirinya mengaku sebagai pendeta atau pastor. Pasalnya, hak dan suka-suka dia mengaku sebagai apa pun. Mau mengaku jadi nabi, jadi pendeta atau jadi pastor menurut Jozeph suka-suka dia. Jozeph bahkan menyebut jika ia membaca Alkitab, Gomar pasti langsung klepek-klepek. (ant)