Korea

Kastara.ID, Jakarta – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menerima kunjungan Seoul Human Rescoure Development Center (SHRDC) di Balai Kota hari ini.

Deputi Gubernur Bidang Tata Ruang dan Lingkungan Hidup DKI Jakarta Oswar Muadzin Mungkasa mengatakan, kerja sama antara Pemprov dengan SHRDC telah berlangsung sejak 2013 lalu.

“Seoul sama Jakarta itu mirip dari segi penduduk dan permasalahan kota. Ada kesempatan buat kita untuk belajar dengan mereka,” ujarnya di lokasi, Selasa (21/5).

Oswar menjelaskan, berbagai bidang yang telah dikerjasamakan dengan Seoul cukup beragam. Antara lain perdagangan, promosi, manajemen pariwisata, pedagangan lalu lintas, perencanaan kota dan manajemen Sumber Daya Manusia (SDM).

“Jaklingko itu salah satunya hasil dari teman-teman kita belajar ke Seoul. Pelatihan pertama dari 2013 sudah ada. Sekarang setiap tahun ada pelatihan empat sampai lima tahun sekali,” ungkapnya.

Sementara itu President of SHRDC Shin Tong Mok menyampaikan, kerja sama antara Seoul dengan Jakarta sangat erat sekali, baik dari segi pembangunan hingga transportasi publik. Pihaknya pun siap mendukung Jakarta dengan memberikan pelatihan atau tukar pikiran di berbagai bidang.

“Seoul akan membantu dan dukung Jakarta melalui kebijakan kami,” tandasnya. (hop)