Demo 11 April 2022

Kastara.ID, Jakarta – Sejumlah elemen buruh dan mahasiswa akan menggelar aksi demo pada Sabtu (21/5). Berdasarkan informasi kepolisian, massa bakal berunjuk rasa di dua lokasi, yakni Patung Kuda Arjuna Wiwaha dan Gedung MPR/DPR RI.

“Jadi ada dua tempat di (depan gedung) DPR dan (kawasan) Patung Kuda,” ujar Kasat Lantas Polres Metro Jakarta Pusat, Kompol Purwanta kepada wartawan.

Menurut Purwanta, peserta unjuk rasa di kawasan Patung Kuda diperkirakan sekitar 1.500 orang berkumpul. Sementara di depan gedung DPR/MPR jumlahnya hanya ratusan.

“Rencana jam 11 siang massa akan berdatangan,” jelasnya.

Purwanta menjelaskan, kepolisian telah menyiapkan skenario rekayasa lalu lintas di dua lokasi tersebut. Namun, sifatnya situasional tergantung situasi yang terjadi pada saat aksi berlangsung.

“Untuk persiapan sudah dilaksanakan sementara. Kalau tidak mendesak tidak ada penutupan atau pengalihan arus seperti biasa saja,” tukasnya.

Terpisah, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Endra Zulpan mengingatkan peserta unjuk rasa mematuhi undang-undang yang berlaku.

“Tentunya kami mengimbau kepada semua elemen yang mau menyampaikan pendapat di muka umum sebagaimana diatur Nomor 9 tahun 1998 tentunya juga harus menjaga ketertiban umum dan ruang publik yang lain,” ungkap Zulpan. (ant)