Kastara.id, Jakarta – Petugas haji melakukan pemantapan gladi posko di Asrama Haji Pondok Gede Jakarta, agar nantinya semua petugas di seluruh sektor dan sektor khusus (Airport Madinah) dapat melakukan operasional pelayanan jemaah haji di Arab Saudi dengan baik. Sebelumnya, semua petugas haji mendapat gambaran skenario gladi posko oleh Kepala Satuan Operasi Armina, Arab Saudi, Kolonel Jaetul Mukhlis.

Ia menjelaskan, semua petugas ikut terlibat sekalipun belum mendapat kesempatan memberikan layanan. Semua miniatur sudah disiapkan pada gladi ini, sehingga petugas haji mendapat pengalaman memberi pelayanan jemaah haji.

“Khusus operasional Armina, akan dibentuk sektor adhok. Semua sektor yang sudah melebur sektor adhok ini harus menyesuaikan tugas dalam sektor tersebut yang dipimpin Sekretaris Sektor. Saat operasional Armina dibentuk 11 sektor adhok Armina,” kata Mukhlis seperti yang disampaikan dalam rilis Kemenkes, Rabu (21/6).

Lebih lanjut Mukhlis mengatakan, mereka sudah harus datang ke sektor sebelum jemaah masuk Armina, sehingga dapat melayani jemaah haji dengan baik.

Selain itu, untuk memberi pelayanan jemaah haji ini, perlunya mengambil petugas yang sudah punya pengalaman. Guna memenuhi hal ini, Kemenkes dan Kemenag telah menetapkan petugas yang berpengalaman untuk terus berbagi kepada yang baru. “Pada gladi posko ini semua harus disinergikan, dikoordinasikan dan komunikasikan, sehingga ketika menjadi pelayanan jemah haji sebenarnya di Arab Saudi nanti, dapat bertugas dengan baik,” ujarnya.

Sementara menurut Kapus Haji Kemenkes RI Eka Jusup Singka yang paling penting adalah komitmen semua unsur pelayanan. Pelayanan jemaah meliputi konsumsi, transportasi, akomodasi dan kesehatan serta perlindungan jemaah. “Semuanya perlu komitmen dan saling membantu saat di Armina. Bukan saling membebani satu sama lain,” ujar Eka. (nad)