Disparbud

Kastara.ID, Jakarta – Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) DKI Jakarta berhasil meraih The Best Booth Design Award di event Beijing International Travel Expo (BITE) 2019.

Stan Disparbud DKI Jakarta mengalahkan 2.100 eksibitor lain dari 87 negara. Berdasarkan kriteria penilaian panitia penyelenggara, stan Disparbud DKI Jakarta memiliki keunikan baik dari segi desain dan beragam aktivitas pendukung di dalamnya.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta Edy Junaedi mengatakan keikutsertaan dalam event BITE 2019 merupakan bagian dari upaya untuk lebih meningkatkan angka kunjungan wisatawan mancanegara ke Jakarta, khususnya wisatawan asal Tiongkok.

“Tahun lalu tercatat lebih dari 360 ribu wisatawan asal Tiongkok berkunjung ke Jakarta. Tingkat kunjungan itu menjadikan wisatawan asal negeri Tirai Bambu ini menjadi yang terbanyak datang ke Jakarta dibandingkan negara-negara lain,” ujarnya, Jumat (21/6).

Sementara Kepala Bidang Destinasi dan Pemasaran Disparbud DKI Jakarta Hari Wibowo menambahkan, ada 10 industri pariwisata dari Jakarta seperti, agen perjalanan maupun hotel bergabung di stan DKI Jakarta.

Selain itu, stan juga dimeriahkan oleh Abang None Jakarta sebagai Duta Wisata dan Budaya Jakarta, penampilan tim kesenian binaan dan pembatik dari Museum Tekstil, serta kuliner khas Jakarta yang yang dibuat juru masak atau chef profesional.

“Kriteria penilaian selain keunikan desain stan juga aktivitas pendukung acara di stan tersebut. Selain atraksi kebudayaan dan demo membatik, chef juga membagikan makanan khas Jakarta kepada para pengunjung,” terangnya.

Menariknya, sambung Hari, ini menjadi kali pertama Pemprov DKI Jakarta melalui Disparbud ikut serta setelah 15 tahun penyelenggaraan BITE.

“Alhamdulillah, kami tentu bersyukur dengan raihan penghargaan ini. Sebab, kami betul-betul tidak tahu stan-stan yang ada akan dinilai,” ungkapnya.

Ia menambahkan, keikutsertaan DKI Jakarta didukung dengan penghargaan yang diperolehnya menjadi nilai tambah dalam menarik wisatawan mancanegara (wisman) untuk berkunjung ke Jakarta.

“Tiongkok merupakan pasar potensial utama kami. Untuk itu, mengikuti kegiatan seperti ini sangat penting kami lakukan,” tandasnya.

Sekadar diketahui, Beijing International Tourism Expo (BITE) adalah pameran pariwisata profesional internasional yang disponsori oleh Komisi Pengembangan Pariwisata Kota Beijing. BITE berlangsung mulai 18-20 Juni 2019. (hop)