Hermawan Kartajaya

Kastara.ID, Kairo – Menyongsong era industri 4.0, KBRI Cairo telah melaksanakan workshop entrepreneurship di era industry 4.0 bagi para WNI utamanya para pelajar yang sedang menuntut ilmu di berbagai universitas di Mesir. Workshop ini menghadirkan pembicara Hermawan Kartajaya, President of Indonesian Council for Small Business.

Dalam kesempatan workshop tersebut, Dubes Helmy Fauzy menyampaikan bahwa pelaksanaan workshop ini untuk memberikan pencerahan kepada pelaku diplomasi untuk memanfaatkan seni marketing dalam pelaksanaan diplomasi sehingga dapat menjadi diplomat kekinian mengingat perubahan teknologi sekarang telah menyebabkan perubahan pada aktor dan juga instrumen diplomasi.

“Workshop ini juga untuk memberikan masukan kepada mahasiwa arah pergerakan rotasi dunia dan perkembangan tren kemajuan zaman saat ini,” ujarnya.

Dalam paparannya di hadapan lebih dari 100 peserta workshop, Hermawan Kartajaya menyampaikan dasar ilmu pemasaran dan setiap manusia dapat menggunakan ilmu pemasaran dalam menghadapi era perubahan saat ini baik sebagai diplomat maupun sebagai entrepreneur.

Ada sekitar 7.000 mahasiswa Indonesia yang saat ini sedang menuntut ilmu di negara seribu menara ini, sebagian mahasiswa tersebut tiap tahunnya akan kembali ke Indonesia dan menjadi sumber daya dan tenaga kerja bagi industri tanah air. Kesiapan dini menyongsong era industri 4.0 di tanah air akan menciptakan sumber daya yang harapannya dapat menyumbangkan inovasi dan kreativitas baru untuk menunjang revitalisasi industri Indonesia. (rya)