Kelurahan Ratujaya

Kastara.ID, Depok – Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Depok menyalurkan bantuan material bangunan kepada korban rumah roboh di RT 1 RW 7 Kelurahan Ratujaya, Kecamatan Cipayung. Bantuan yang diberikan berupa hebel dan Glass Reinforced Concrete (GRC).

“Kami memberikan material pada Sabtu (19/6) berupa hebel dan GRC senilai Rp 500.000 dan Alhamdulillah diterima keluarga korban,” ujar Koordiantor Penanggulangan Bencana (PB) PMI Kota Depok, Ari Prasetyo, sebagaimana dimuat situs resmi Pemkot Depok, Senin (21/6).

Dikatakannya, bantuan yang diberikan tentunya telah melewati tahap assesment pasca kejadian, sehingga pihaknya memutuskan untuk memberikan bantuan berupa material bangunan.

“Kami hanya memberikan bantuan sebagai stimulus. Karena, kalau rusak berat menjadi wewenang pemerintah,” ungkapnya.

Ari menyebut, berdasarkan keterangan saksi, kejadian terjadi pada 11 Juni 2021 sekitar pukul 19.30 WIB. Musibah tersebut mengakibatkan tiga orang harus mengungsi sementara waktu.

“Memang, kondisi atap rumah yang sudah lapuk. Kemudian diguyur hujan lebat, akhirnya atap tersebut roboh. Ada juga dinding yang retak. Mudah-mudahan sedikit bantuan ini bisa meringankan beban korban,” tutupnya. (dha)