Kastara.id, Jakarta – Tidak dapat dipungkiri lagi jika produk-produk besutan Apple dibanderol dengan harga yang lumayan tinggi. Hal ini karena tim produksi Apple tidak sembarangan dalam mendesain sekaligus memproduksi barang dagangannya. Apalagi produk-produk Apple bisa dikatakan produk ekslusif dengan estetika tinggi.

Harga iPhone yang baru dirilis kini bisa mencapai Rp 10 jutaan, bahkan lebih. Dengan harga tersebut, konsumen bisa mendapatkan ponsel flagship buatan vendor lain yang mungkin hanya dibanderol sekitar Rp 5 jutaan.

Steve Wozniak selaku pendiri Apple menyatakan, jika harga yang dipatok Apple itu sangat wajar, karena setiap produksi mereka selalu memperhatikan kualitas secara detil. Di samping itu, Wozniak mengaku jika dia juga menyukai produk-produk ponsel buatan Tiongkok.

Wozniak beralasan, para vendor Tiongkok mempunyai cara cerdas dalam membanderol produk mereka dengan harga miring, tetapi mereka tidak memikirkan kualitas dan hanya mengedepankan fungsionalitas saja.

“Saya orang yang tidak percaya dengan kuantitas, tapi saya lebih fokus pada kualitas. Kami (Apple) tidak seperti vendor asal Tiongkok. Kami tetap mengutamakan kualitas, karena harga sebanding dengan fitur-fitur yang kami tawarkan,” ujar Wozniak seperti yang dikutip dari South China Post, Jumat (21/7).

Selain itu, Wozniak mengakui “mewahnya” produk Apple, namun nyatanya Steve Wozniak juga kritis terhadap produk-produk terbaru Apple. Seperti yang Woz katakan terhadap salah satu produk Apple, yakni Apple Watch. Menurutnya, Apple Watch bukanlah suatu ide yang baik, dan itu merupakan salah satu kegagalan yang dicapai Tim Cook (CEO Apple).

Hal tersebut diungkapkan oleh Wozniak pada sebuah acara AMA Session yang berlangsung di situs Reddit. Berawal dari seorang pengguna yang menanyakan tentang ide dari Tim Cook yang dinilai gagal hingga saat ini. (rfr)