Bendera Sea Games

Kastara.id, Jakarta – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo menyatakan akan mengirimkan surat ke kementerian yang mengatur urusan dalam negeri Malaysia, terkait insiden terbaliknya bendera Indonesia dalam buku panduan SEA Games 2017.

Menurut Mendagri, pemerintah RI tetap perlu membutuhkan klarifikasi, terlepas adanya permintaan maaf dari pihak Malaysia. “Kami menyiapkan surat ke Kemendagri Malaysia dan Duta Besar Malaysia untuk Indonesia agar jadi atensi mereka. Kesalahan ini sulit dipahami,” kata Mendagri, Senin (21/8).

Mendagri mengakui kalau Menteri Olahraga Malaysia telah meminta maaf atas insiden ini. Selain itu, Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) RI juga telah mengirimkan nota diplomatik protes resmi kepada Malaysia.

“Permintaan maaf diterima, tapi perlu dipertanyakan. Katanya negara tetangga, negara sahabat Indonesia. Tapi perhatian terhadap Indonesia, atas hal yang prinsip saja tidak diperhatikan,” ujarnya.

Mendagri menambahkan, Malaysia sebagai negara tetangga semestinya mengetahui bahwa warna merah-putih sebagai warna bendera Indonesia. Kondisi ini menunjukkan minimnya atensi negara ini terhadap Indonesia.

“Materi buku panduan yang dicetak semestinya telah dicek oleh pejabat terkait Malaysia. Ternyata tidak ada perhatian. Lewat saja perhatian soal warna bendera Indonesia merah putih,” katanya.

Sebelumnya, kesalahan pemasangan warna bendera Indonesia terjadi dalam Pesta Olah Raga Asia Tenggara atau Sea Games 2017 di Kuala Lumpur, Malaysia. Panitia penyelenggara Sea Games menempatkan bendera Indonesia dengan warna terbalik, putih dan merah di seluruh buku panduan kegiatan Sea Games. (npm)