Bendera Sea Games

Kastara.id, Jakarta – Ketua Komisi I DPR RI Abdul Kharis Almasyhari meminta seluruh masyarakat tidak bertindak berlebihan tanggapi kejadian bendera Indonesia yang tercetak terbalik dalam buku SEA Games 2017 di Malaysia.

“Jangan bereaksi berlebihan dalam menyikapinya, dan bersikap tenang,” ujar Ketua Komisi I DPR RI Abdul Kharis Almasyhari, Senin (21/8).

Menurut Kharis, serahkan sepenuhnya persoalan di atas kepada instansi pemerintah terkait kejadian yang sebenarnya terjadi. Kemudian, menunggu hasil investigasi pemerintah Malaysia yang akan menindaklanjuti kejadian tersebut.

“Kita percayakan langkah diplomasinya kepada Menlu Retno Marsudi untuk menindaklanjuti pembicaraannya dengan Menlu Malaysia serta kita tunggu jawaban nota diplomatik yang sudah dikirim oleh KBRI,” katanya.

Kharis melanjutkan, kejadian dalam cetakan buku panduan SEA Games 2017 itu adalah kesalahan fatal. Untuk itu, pihaknya meminta Malaysia segera menginvestigasi insiden itu. Investigasi itu menjadi hal yang penting, dan bukan hanya sekadar permintaan maaf saja.

“Memang pemerintah kita masih menunggu permintaan maaf dari pemerintah Malaysia. Menpora Malaysia juga sudah minta maaf, tapi semua harus dibuka ke publik agar hal ini jelas kesengajaan atau bukan,” ujarnya. (tri)