Kastara.id, Jakarta – Komisi Penyiaran Indonesia dituntut berperan aktif menangkal tayangan yang memiliki konten informasi kurang baik.

“70 persen penikmat TV kita adalah pemuda, jadi KPI harus berpihak untuk menyelamatkan generasi kita,” ujar Anggota Komisi I DPR RI Supiadin Aries Saputra pada saat Rapat Dengar Pendapat dengan KPI, di Jakarta (20/9).

Menurut Supiadin, tayangan-tayangan yang diproduksi oleh asing harus diawasi dengan ketat oleh KPI. Pasalnya, generasi muda harus dilindungi dari tayangan yang mempunyai konten informasi kurang baik seperti kebudayaan asing yang memiliki kecenderungan menyimpang.

“Saya khawatir generasi muda Indoensia akan menjadikan gaya hidup, bila tidak ada lembaga yang mengawasinya,” kata Supiadin.

Ia tidak melarang beredarnya tayangan yang berasal dari luar, jika hanya dijadikan sebatas hiburan oleh generasi muda. Setiap bangsa mempunyai kebudayaan tersendiri, jangan sampai nanti kultur yang berasal dari luar Indonesia menjadi gaya hidup remaja Tanah Air. (rya)