Mangrove

Kastara.ID, Jakarta – Pusat Budidaya dan Konservasi Laut (PBKL) Pulau Tidung Kecil, Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta membagikan ribuan bibit mangrove dan ratusan bibit karang kepada kelompok konservasi laut.

Kepala Satuan Pelaksana Konservasi Laut PBKL Pulau Tidung Kecil, Dinas KPKP DKI Jakarta, Cecep Hermawan mengatakan, bibit yang dibagikan untuk konservasi laut terdiri dari 1.250 bibit mangrove dan 500 bibit karang yang dibagikan kepada kelompok Daerah Perlindungan Laut Basis Masyarakat (DPL-BM) Lestari Indah Pulau Tidung.

“Ini untuk pemeliharaan terhadap kawasan pesisir dari kerusakan dan abrasi pantai,” ujar Cecep, Senin (21/9).

Menurutnya, Pulau Tidung Kecil sebagai pusat informasi, konservasi dan ekologi telah melakukan pembibitan dan penanaman mangrove sebagai upaya pencegahan abrasi dan mengembalikan ekosistem laut agar lestari sehingga perlu dukungan semua pihak seperti masyarakat kelompok konservasi binaan Dinas KPKP.

“Dukungan masyarakat pesisir dapat meningkatkan pelestarian lingkungan dan menambah luas tanaman mangrove di Pulau Tidung Kecil dan pulau permukiman lain,” tandasnya. (hop)