Indonesia

Kastara.ID, Jakarta – Pemerintah terus memperluas cakupan vaksinasi Covid-19 dan hingga kini Indonesia telah menyuntikkan 100 juta vaksin kepada masyarakat. Pencapaian ini menjadi sorotan dan menuai pujian dari World Bank.

Capaian ini telah menempatkan Indonesia di peringkat keenam dunia dalam jumlah orang yang disuntik vaksin serta peringkat ketujuh kaitan dengan jumlah dosis vaksin yang diberikan.

“Capaian ini tidak terlepas dari dukungan dari berbagai pihak seperti TNI, Polri, pemda, organisasi masyarakat, organisasi sosial, organisasi keagamaan, pelaku usaha serta masyarakat secara keseluruhan,” ungkap akun Instagram kemenkes_ri, Selasa (21/9).

Selanjutnya, pemerintah terus akan menggenjot cakupan vaksinasi nasional Covid-19. Adapun strategi yang dilakukan adalah dengan memastikan ketersediaan stok vaksin di seluruh pelosok Indonesia serta meningkatkan target penyuntikkan harian.

“Secara keseluruhan total vaksin yang telah didistribusikan pemerintah ke daerah sebanyak 144 juta dosis vaksin. Pada bulan Agustus, rata-rata vaksin yang telah dikirimkan sekitar 8-15 juta dosis vaksin Covid-19,” tambahnya.

Pada Bulan September ini, ditargetkan jumlah vaksin yang akan dikirimkan ke daerah akan jauh lebih banyak dibandingkan Agustus. Seiring dengan bertambahnya jumlah vaksin, pemerintah juga akan meningkatkan laju vaksinasi pada bulan September dengan target 2 juta dosis/hari. (ant)