Asuransi Perjalanan

Kastara.Id,Jakarta – Asuransi perjalanan seperti halnya produk proteksi lain juga penting dimiliki. Biasanya asuransi ini dipakai oleh nasabah yang ingin atau sedang melakukan perjalanan jauh, seperti liburan ataupun perjalanan bisnis untuk memberikan rasa aman dan nyaman selama perjalanan.

Jadi, jika sewaktu-waktu mengalami risiko terkait kesehatan selama perjalanan, Anda tidak perlu was-was dan tinggal mengklaimnya. Dengan dengan rasa aman, maka perilaku dan tindakan yang dilakukan cenderung lebih positif.

Ada banyak perusahaan asuransi yang menawarkan produk proteksi perjalanan liburan maupun bisnis, salah satunya yang dapat dipilih adalah asuransi perjalanan Sompo. Dengan proteksi ini, Anda bisa melakukan perjalanan yang aman dan tentu saja menyenangkan.

Selain asuransi perjalanan, penting untuk Anda juga mengetahui rekomendasi asuransi jiwa agar selalu memberikan perasaan aman dan nyaman di mana pun berada.

Lifepal.co.id, sebagai marketplace asuransi terdepan di Tanah Air, membagikan informasi terkait produk asuransi perjalanan. Berikut simak penjelasan lebih detail dari Benny Fajarai, CEO yang juga Co-Founder Lifepal.co.id.

Banyak masyarakat yang keliru dan menganggap asuransi perjalanan adalah asuransi kendaraan. Padahal, asuransi perjalanan bukanlah asuransi perjalanan, bukan juga asuransi kesehatan.

Asuransi perjalanan lebih mirip jika disandingkan dengan asuransi kesehatan dan asuransi harta benda, tapi dalam jangka waktu polis jauh lebih singkat.

Tepatnya, polis asuransi perjalanan hanya berlaku selama Anda dalam perjalanan saja, baik untuk perjalanan liburan, perjalanan kerja, atau kunjungan lainnya. Ada beberapa risiko utama yang akan ditanggung oleh produk asuransi perjalanan, yaitu:

Pembatalan perjalanan dengan memberikan refund sesuai ketentuan polis

Kecelakaan dalam perjalanan

Keterlambatan dan kehilangan bagasi

Risiko lainnya yang terjadi dan merugikan di dalam perjalanan.

Risiko lain yang akan ditanggung oleh asuransi perjalanan misalnya risiko bencana alam, risiko evakuasi medis, kompensasi kerusuhan yang terjadi di lokasi atau daerah liburan, kompensasi kehilangan paspor karena kesalahan maskapai, hingga biaya perjalanan darurat.

Sedangkan yang tidak akan ditanggung oleh asuransi, misalnya:

Kerugian karena tindakan terorisme

Kerugian karena perang saudara atau perang dari negara musuh asing

Tindakan melanggar hukum yang sengaja dilakukan

Kerugian karena penyakit atau kondisi yang sudah ada sebelum perjalanan

Selain itu, asuransi jenis ini juga tidak bisa memberi perlindungan bila kita mengunjungi negara-negara yang dilarang karena tidak kondusif, rawan perang, dan rawan konflik, misalnya Korea Utara, Afrika, dan beberapa negara Timur Tengah.

Cakupan Asuransi Perjalanan

Untuk lebih jelasnya mengenai cakupan asuransi perjalanan, mari simak pemaparannya lebih detail:

Proteksi Biaya Medis

Disadari atau tidak, seseorang kerap menemui hal-hal tidak terduga atau risiko saat melakukan perjalanan. Misalnya, terjadi kecelakaan, ataupun terkena penyakit. Pada kondisi tersebut, Anda bisa memanfaatkan asuransi perjalanan untuk mengklaim biaya perawatan medis.

Dengan proteksi dari asuransi perjalanan, Anda akan lebih tenang saat tiba-tiba harus dirawat di rumah sakit saat tengah melakukan perjalanan jauh ke luar negeri.

Pembatalan Perjalanan

Asuransi perjalana akan membantu Anda ketika terjadi pembatalan perjalanan dan kompensasi keterlambatan yang umum dialami ketika Anda sedang melakukan perjalanan dengan pesawat, misalnya.

Dengan asuransi, pembatalan atau penundaan perjalanan membuat nasabah mendapatkan kompensasi, seperti gratis menginap di hotel dan bentuk lainnya tergantung dari perusahaan asuransi. Anda bisa mendapatkan kompensasi berupa biaya transportasi alternatif apabila terjadi keterlambatan penerbangan.

Biasanya Anda bisa memanfaatkan program tersebut jika harus tepat waktu menghadiri acara penting. Biaya transportasi alternatif ini bisa Anda klaim dan akan ditanggung langsung oleh pihak asuransi perjalanan.

Ganti Rugi Kehilangan dan Kerusakan Bagasi

Asuransi ini juga mencakup penggantian atas kehilangan dan kerusakan bagasi saat naik pesawat sekaligus ganti rugi ketika bagasi mengalami kerusakan bukan mustahil dialami saat Anda bepergian memakai kendaraan umum.

Asuransi perjalanan bisa meminimalisasi risiko tersebut. Bahkan,pihak asuransi akan membantu untuk ganti rugi bagasi Anda saat di perjalanan.

Pertanggungan Akibat Kematian

Perlindungan pada asuransi perjalanan juga mencakup risiko kematian dalam perjalanan jauh. Saat nasabah meninggal dalam perjalanan, maka asuransi perjalanan akan memberikan kompensasi atau pertanggungan asuransi untuk keluarga yang ditinggalkan.

Asuransi perjalanan juga akan membantu untuk biaya pertanggungan pada nasabah yang mengalami kecelakaan dalam perjalanan, lalu cacat. Pertanggungan yang diberikan berupa tanggungan penghasilan dalam jangka waktu tertentu.