MotoGP Australia 2017

Kastara.id, Melbourne – Pebalap Repsol Honda Marc Marquez berharap posisi pole yang diraihnya dalam kualifikasi GP Australia, mampu memberikan keuntungan bagi dirinya mengingat pesaing terdekatnya, Andrea Dovizioso, akan start dari posisi ke-11. Dovi sendiri berhasil juara di Motegi pekan lalu (15/10) dengan mengungguli Marquez di lap terakhir.

“Tentu saja saya sangat senang dengan posisi pole ini. juga karena kami berada di momen yang sangat penting musim ini. Kualifikasi berjalan tidak mudah karena saya punya beberapa masalah saat kualifikasi,” ujar Marquez seperti dilansir di laman Crash.net.

“Masalah lainnya adalah Andrea Iannone yang mengikuti saya sejak FP2! Saya mencoba masuk ke pit lane agar tak diikuti dia lagi dan akhirnya saya bisa mencetak lap yang bagus,” jelas Marquez.

Marquez menjelaskan bahwa dia tidak menyalahkan pebalap lain yang mengikutinya, termasuk Iannone. “Terlalu banyak lap dan ban yang kita pakai bisa menjadi sangat panas, jadi lebih baik berada di depan. Tapi lebih dari satu putaran di sini dengan slipstream membuat perbedaan besar,” tambah Marquez lagi.

“Beberapa pebalap mengikuti saya dan itu normal. Saya benar-benar mengerti karena pada akhirnya pebalap selalu ingin mengikuti pebalap cepat. Saya juga sering melakukan hal itu saat saya merasa lambat,” ungkapnya.

Dengan tiga balapan tersisa, Marquez masih unggul 11 angka di klasemen sementara dari Dovi  di posisi kedua. “Yang paling penting adalah mencoba dan finis di podium. Dan terutama di depan Dovi,” ujar Marquez.

“Dovi akan start dari posisi kesebelas, tapi di Motegi dia start kesembilan dan sudah berada di belakang saya di lap 4. Jadi kita akan lihat, ini sedikit berbeda dan tergantung cuaca. Saya rasa Vinales juga akan sangat cepat, kemudian Zarco yang punya laju balapan bagus,” jelas Marquez. (dwi)