Partai Gerindra

Kastara.ID, Jakarta – Presiden Jokowi membocorkan bahwa ada menteri dari Partai Gerindra pada kabinet yang akan diumumkan Senin (21/10). Tapi tidak terdapat menteri dari Partai Demokrat dan PAN. Hal ini disampaikan Ketua Umum Kelompok Relawan Jokowi, Imannuel Ebenezer, Senin (21/10).

Menurut Imannuel, Jokowi mengatakan hal ini ketika bertemu Relawan Jokowi seusai bertemu tamu negara semalam. Hampir semua partai ingin masuk dalam kabinet, tapi presiden mempunyai pertimbangan, tidak bisa. Kalau semua partai masuk dalam pemerintahan, maka tidak baik dalam demokrasi.

Imannuel secara pribadi juga mengatakan bahwa ia kecewa atas putusan Jokowi ini, tetapi tetap menghormatinya. Ini adalah pilihan politik, dan bagaimana pun presiden mempunyai pertimbangan-pertimbangan rasional.

Masuknya partai-partai di luar koalisi sudah ramai diperbincangkan masyarakat. Prabowo Subianto dan Fadli Zon dari Partai Gerindra disebut-sebut akan masuk ke dalam kabinet mendatang. Selain itu Agus Harimurti Yudhoyono dari Partai Demokrat berpotensi akan masuk juga. Sementara PAN diberitakan akan tetap berada di luar koalisi, bersama PKS yang sudah memastikan jadi partai oposisi. (rya)