Pensiun

Kastara.ID, Jakarta – Indonesia terbaik ke-30 di dunia atau keempat di Asia terkait sistem pensiun menurut data yang dilansir oleh Indeks Pensiun Global 2020. Sistem pensiun RI ada di grade C dengan indeks nilai 51,4. Nilai tersebut turun dibandingkan tahun sebelumnya yang ada di level 52,2.

Belanda dan Denmark menjadi negara dengan peringkat pertama dan kedua terbaik di dunia dengan grade A untuk sistem pensiun paling baik.

Indeks pensiun di Indonesia lebih rendah karena penurunan net replacement rate (perbandingan pendapatan bersih saat pensiun dengan pendapatan bersih sebelum pensiun) yang dipublikasikan oleh OECD, termasuk karena faktor usia harapan hidup.

Kendati demikian, di antara semua sub-indeks, Indonesia meraih skor tertinggi untuk integritas, yaitu 68,7. Diikuti oleh kecukupan (45,7) dan keberlanjutan (45,6).

Selain itu, Indonesia juga duduk di peringkat ke-23 untuk sub-indeks keberlanjutan yang mengukur kemampuan suatu sistem memberi manfaat di masa mendatang.

Kemudian, peringkat ke-25 untuk sub-indeks integritas yang mempertimbangkan faktor-faktor, seperti regulasi, tata kelola, komunikasi, dan biaya operasional.

Untuk sub-indeks kecukupan, RI berada di peringkat ke-33 yang melihat manfaat, desain sistem, tabungan, dan kepemilikan rumah di antara faktor-faktor lain untuk menentukan kemampuan memiliki pendapatan pensiun yang memadai. (ant)