Headline

Jokowi-Ma’ruf Satu Tahun, Bebani Utang Rp 20,5 Juta Per Warga Negara

Kastara.ID, Jakarta – Ekonom Institute for Development of Economics and Finance (Indef), Bhima Yudhistira, genap setahun usia pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin, masalah ekonomi masih menjadi sorotan publik. Terutama utang luar negeri yang kian membengkak.

Saat ini bahkan Indonesia menempati urutan ketujuh negara berpendapatan menengah dan rendah dengan utang tertinggi di dunia. Utang luar negeri Indonesia saat ini mencapai 402 miliar dolar AS. Jika mengacu pada International Debt Statistics 2021 dari Bank Dunia, jumlah tersebut jauh lebih besar dibanding negara lain, seperti Thailand, Argentina, dan Afrika Selatan.

Saat memberikan keterangan kepada awak media (20/10), Bhima menyayangkan tindakan pemerintah yang terus menambah utang. Padahal kondisi perekonomian sedang tidak baik akibat pademi virus corona atau Covid-19. Bhima menyebut pemerintah menambah utang  dalam bentuk penerbitan utang valas.

Padahal menurut Bhima, valas adalah salah satu jenia utang yang sangat rentan membengkak. Terutama jika terjadi guncangan kurs atau nilai tukar rupiah.

Menurut catatan Indef, sepanjang 2020, pemerintahan Jokowi-Ma’ruf telah menerbitkan Global Bond sebesar 4,3 miliar dolar AS. Utang tersebut akan jatuh tempo pada 2050 atau tenor 30,5 tahun. Bhima menyebut generasi mendatanglah yang berkewajiban membayar utang luar negeri tersebut.

Menurut Bhima, hal itu sama saja Jokowi telah mewariskan utang yang sangat besar kepada generasi mendatang. Jika dirata-ratakan, setiap warga negara Indonesia menanggung beban utang Rp 20,5 juta per orang. Jumlah itu sesuai dengan perhitungan, utang pemerintah pada Agustus 2020 sebesar Rp 5.594,9 triliun dibagi jumlah penduduk Indonesia sebanyak 272 juta orang. (mar)

Leave a Comment

Recent Posts

Larangan Investigative Reporting Harus Dilawan

Kastara.ID, Jakarta - Investigative reporting itu dapat mengungkap atau membongkar sesuatu yang ditutup-tutupi. Hal itu…

99 Elemen Masuk Barisan di KBBI Siap Menangkan Imam Budi Hartono di Pilkada Depok

Kastara.Id,Bogor - Puluhan elemen atau relawan warga Kota Depok terhimpun dalam Keluarga Besar Bang Imam…

Selamat Ginting: Salim Said Bagai Kamus Berjalan Soal Politik dan Militer

Kastara.id,Jakarta - Pengamat politik dan militer Universitas Nasional (Unas) Selamat Ginting mengungkapkan sosok almarhum Prof…

SIT Darul Abidin Anak Didiknya Menciptakan Permainan Sehingga Otaknya Lebih Sehat

Kastara.Id,Depok - Wakil Walikota Depok Imam Budi Hartono memberikan Sambutan dalam Kegiatan Scratch Day Celebration…

KPU Depok Pastikan Tidak Diikuti Oleh Calon Perseorangan Dalam Pilkada 2024

Kastara.Id,Depok - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok, Jawa Barat Wili Sumarlin memastikan pemilihan…

55 Anggota PPK Depok di Lantik Dan Langsung Berkerja Untuk Pilkada Serentak 2024

Kastara.Id,Depok - Kali ini Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok, Jawa Barat secara  resmi melantik…