Lokakarya

Kastara.ID, Depok – Lokakarya Mini Tribulanan yang diadakan di aula lantai 3, Kelurahan Depok, Kecamatan Pancoran Mas, Jalan Kartini No. 26, Depok, membahas permasalahan serta solusi kesehatan di seputar Kelurahan Depok agar terjalin komitmen serta kesepakatan antara lintas sektor di wilayah kerjanya.

Hadir pada kesempatan ini Kepala UPT Puskesmas Pancoran Mas Sih Mahayanti, Lurah Depok Audi Wirasaputra, serta kader pengurus ibu PKK dan RT/RW sebanyak 30 peserta yang dibuka oleh Camat Pancoran Mas Saiful Hidayat, Kamis (21/10).

Camat Pancoran Mas Saiful Hidayat mengatakan, para peserta yang mengikuti lokakarya mini bertanyalah apa permasalahan yang ada di wilayahnya mumpung ada Kepala UPT Puskesmas. “Tanya langsung agar nanti bisa dicarikan solusinya. Apalagi masalah kesehatan apa kendalanya jika warga ada yang mengalami, kita bantu cari solusinya,” kata Camat Pancoran Mas.

Terutama masalah sanitasi di rumah-rumah, ketua lingkungan harus berperan aktif karena dia mengetahui permasalahnya. Sebagai contoh jika ada warganya yang tidak mempunyai septi tank di rumah, apakah di wilayah ada anak yang mengalami stunting, atau lainnya di sini untuk bertanya.

Kepala UPT Puskesmas Pancoran Mas Sih Mahayanti mengatakan, dalam Lokakarya Mini ini pihaknya akan mencari solusi kesehatan agar warga Kelurahan Depok, jika ada masalah soal penyakit seperti di wilayahnya ada warga mayoritas penyakit Tubercolosis (TBC).

Apakah nanti akan dibuat Kampung TBC, dari pihak puskesmas akan memberikan edukasi serta mendatangkan dokter agar bisa terpantau wilayahnya dari penyakit ini.

Nantinya akan dibuatkan pelatihan kepada kader peduli Tubercolusis pertama di Kota Depok agar kadernya selalu mendatangi penyandang penyakit ini walaupun di kecamatan sendiri sudah ada Perkumpulan Pembrantasan Tubercolusis Indonesia (PPTI).

PPTI sebagai salah satu bentuk peran serta masyarakat dalam membantu serta bersinergi dengan Pemerintah daerah Depok menanggulangi TBC.

Sih berharap, Lokakarya ini akan menjalin kerja sama lintas sektor pemasalahan kesehatan yang ada di Depok. (*)