Kastara.id, Jayapura – KPU Kota Jayapura menegaskan akan memperbaiki daftar pemilih sementara (DPS) Pilkada 2017. “Kami telah menerima masukan terkait DPS, dan para petugas pemutakhiran data sedang melakukan tugasnya yakni pencocokan dan penelitan DPS, termasuk juga di Distrik Heram,” kata Ketua KPU Kota Jayapura Jeremias Numberi di kantor KPU Provinsi Papua, Jalan Soa Siu Dok II Jayapura, Senin (21/11).

Menurut Jeremias, pihaknya optimis pada minggu kedua bulan Desember 2016, sebelum penetapan DPS menjadi daftar pemilih tetap (DPT), semua permasalahan bisa selesai.

Jeremias mengatakan, memang masih ada sekitar 20 ribuan DPS yang masih harus disempurnakan. “Perbaikan DPS memerlukan waktu, dan kami akan terus bekerja keras agar dalam waktu sekitar dua minggu sudah tidak ada ada lagi yang bermasalah,” ujarnya.

Sedangkan Ketua Panitia Khusus Pilkada Kota Jayapura Yuli Rahman mengaku heran dengan tidak sinkronnya antara data Daftar Pemilih Sementara (DPS) milik Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kota Jayapura dengan data yang dimiliki KPU Kota Jayapura. “Jika ada orangnya, tidak jadi masalah. Namun, kalau KPU Kota Jayapura belum bisa membuktikan kalau orangnya ada atau tidak, apakah penduduk Jayapura atau bukan, ini yang jadi masalah,” katanya.

Yuli mengatakan, jika permasalahan DPS di Kota Jayapura tidak segera diselesaikan, maka sangat berpotensi menyebabkan kerawanan untuk Pilkada 2017. “Jika 44 ribu lebih suara tersebut tidak diketahui orangnya dan tinggal di mana, akan jadi permasalahan. Maka kami harap KPU Kota Jayapura bersama Dukcapil Kota Jayapura bisa duduk untuk menyinkronkan data yang ada,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Jayapura Merlan Uloli mengatakan, pihaknya telah melakukan pertemuan dengan KPU Kota Jayapura. “Data Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) adalah data kami. Data itu digunakan untuk pemutakhiran data oleh KPU. Namun, saat pleno penetapan DPS seperti di Distrik Heram memutuskan jumlah DPS sebanyak 84.669 jiwa, sementara jumlah penduduk Kota Jayapura sebesar 69.662 jiwa saja,” katanya. (raf)